Bogor (Antaranews Megapolitan) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor, Jawa Barat, mempunyai program pasang baru bisa pakai Sarung dan Peci, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan ketersediaan listrik yang aman, dan nyaman.

"Untuk wilayah Jawa Barat ini program baru yang ada di PLN area Bogor, kini pasang baru listrik bisa pakai sarung dan peci," kata Heri Zulkarnain, Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Jawa Barat, di Bogor, Jumat.

Ia menjelaskan Sarung merupakan singkatan dari bahasa Sunda sapoe hurung yang artinya satu hari nyala. Pelanggan yang ingin pasang baru tidak perlu lagi menunggu lama.

Sedangkan Peci adalah singkatan dari pembayaran cicil untuk sambung baru. PLN memberikan kemudahan bagi pelanggan pasang baru dengan membayar uangan sambungan secara cicilan.

"Jadi pasang satu hari langsung nyala, bisa dicicil pula," kata Heri.

Tetapi lanjut Heri, layanan ini bisa diterapkan dengan kondisin tertentu yakni instanlasi listrik yang dimiliki oleh pelanggan sudah dalam kondisi siap.

Sedangkan cicilan diprioritaskan untuk keluarga prasejahtera yang ada di Kota Bogor, khususnya mereka yang belum memiliki jaringan listrik sendiri, atau masih numpang sambungan ke pelanggan lain.

Manajer PLN area Bogor, Widodo mengatakan program Sarung dan Peci ini juga dirancang untuk membantu program Pemerintah Kota Bogor dalam mendata jumlah konsumen listrik atau Rasio Elektrikasi (RE).

Menurutnya ada sekitar 6.000 pemakai listrik non pelanggan PLN di Kota Bogor, mereka ini yang menyambung listrik dari rumah pelanggan.

"Secara undang-undang kelistrikan pratik menyantol listrik dari rumah lain ini melanggar, dan tidak aman, karena berpotensi terjadi kerusakan," kata Widodo.

Widodo menambahkan, melalui program pasang baru bisa pakai Sarung dan Listrik meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam tenaga kelistrikan.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, permohonan hanya dapat dilakukan secara "on the spot" atau mendatangi langsung kantor rayon PLN di masing-masing daerah.

"Kami belum bisa melayani program ini secara online, harus datang langsung ke rayon," kata Widodo.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018