Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan melibatkan kalangan seniman dan budayawan di wilayahnya untuk memperkuat karakter kedaerahan di seluruh hotel dan apartemen di wilayah itu.

"Salah satu yang dipersyaratkan bagi investor properti seperti hotel dan apartemen adalah memberikan karakter kedaerahan di tempat usahanya, sehingga tamu maupun penghuninya tahu, bahwa mereka sedang ada di Bekasi," kata Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud Kota Bekasi Agus Enap di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, kalangan yang tengah disasar untuk penguatan ornamen kedaerahan tersebut adalah Forum Seniman Bekasi yang selama ini fokus pada pengembangan seni di wilayah setempat.

Sejumlah ornamen kedaerahan yang akan dikerjasamakan tersebut seperti karya lukisan, penyediaan ruang bagi penjualan pernak-pernik khas Bekasi, tarian selamat datang dan lainnya.

Pihaknya mencatat bisnis perhotelan di Kota Bekasi saat ini sedikitnya berjumlah 21 unit yang tersebar di sejumlah lokasi strategis, sedangkan apartemen diperkirakan berjumlah puluhan.

"Namun hanya sebagian kecil saja manajemen yang patuh pada imbauan kami terkait dengan penguatan ornamen kedaerahan di tempat usahanya," katanya.

Mayoritas pengusaha properti itu masih memanfaatkan dekorasi ruang dengan mengadopsi nuansa modernisasi.

Dikatakan Agus, saat ini banyak karya seni rupa yang dibuat warga Bekasi dan telah memperoleh pengakuan nasional dan internasional.

"Kenapa tidak kita manfaatkan potensi yang ada untuk bersinergi dengan pengusaha apartemen maupun hotel dalam memperkuat jati diri Bekasi," katanya.

Secara terpisah, Ketua Forum Seniman Bekasi Sarkeh Yeksa Chandra menyambut positif gagasan itu.

"Kami memang sedang menyasar pangsa pasar tersebut untuk memasarkan produk lukisan dari anggota kami. Saat ini kita juga sedang menjajaki kerja sama dengan Pemkot Bekasi untuk uji coba lukisan di lingkungan Pemkot Bekasi," katanya.

Menurut dia, pihaknya memperoleh jatah tiga titik lokasi uji coba lukisan tiga dimensi di Plaza Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani, Nomor 1 Bekasi Selatan.

"Apartemen dan hotel di Bekasi ini ke depan akan terus berkembang. Kami sangat mendukung penguatan ornamen kedaerahan ini bagi pengusaha properti," katanya. (Adv. Humas Kota Bekasi)

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018