Jakarta (Antaranews Megapolutan) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Lampung Didik Suprayitno melakukan kunjungan kerja ke Anjungan Lampung dan stand pameran Lampung yang ada di Gedung Sasana Kriya TMII, dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun 2018, di TMII, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Didik mengharapkan agar Anjungan Lampung dioptimalisasikan sebagai salah satu upaya memperkenalkan filosofi akar budaya Lampung.

"Saya berharap Anjungan Lampung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dapat terus ditingkatkan dan dioptimalisasikan sebagai salah satu upaya dalam memperkenalkan filosofi akar budaya Lampung kepada para pengunjung," ujar Didik Suprayitno saat meninjau Anjungan Lampung tersebut.

Selama di Anjungan Lampung, Pjs. Gubernur Lampung itu juga melakukan peninjauan di seluruh area Anjungan, serta melakukan silaturahmi dengan para pejabat, karyawan/karyawati anjungan Lampung.

"Optimalisasi dan peningkatan sarana dan prasarana anjungan Lampung di TMII harus terus dilakukan, hal ini dapat menjadi salah satu upaya khusus kita dalam memperkenalkan adat budaya Lampung kepada masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara," jelasnya.

Masih ada beberapa stand pameran yang kosong

Didik juga mengharapkan, tunjangan kinerja para pejabat dan PNS di Anjungan Lampung dapat disesuaikan dengan kinerja dan biaya hidup di ibukota Jakarta.

Ia menjelaskan pula bahwa pada saat meninjau Anjungan Lampung, baru terdapat beberapa stand pameran yang terisi, seperti Kabupaten Lampung Timur, Pringsewu, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan.

"Masih ada beberapa stand pameran yang kosong. Untuk itu, saya mengimbau kepada bupati/wali kota untuk mengisi stand yang ada di ruang pamer Anjungan Lampung TMII ini. Hal ini sangat diperlukan, karena pengunjung dari seluruh Indonesia khususnya masyarakat Lampung berdomisili di Jakarta dapat melihat dan mengetahui informasi yang menyangkut adat dan budaya masing-masing kabupaten kota di Lampung,” jelas Didik.

Setelah melakukan kunjungan di Anjungan Lampung, Pjs. Gubernur Lampung melakukan kunjungan ke stand pameran Museum Lampung, dan stand pameran Lampung Barat di Gedung Sasana Kriya TMII.

Menurut Pjs. Gubernur, stand pameran yang ada tersebut sangat bagus untuk memperkenalkan produk dan budaya masing-masing daerah.
Misalnya, Stand Museum Lampung sangat bagus dalam memperkenalkan filosofi akar budaya Lampung kepada para pengunjung, seperti pakaian adat Lampung, filosofi siger Lampung, pembuatan tapis Lampung, serta filosofi potong gigi.

"Selain itu, terdapat stand Lampung Barat yang tidak hanya memperkenalkan adat Lampung Barat, tetapi juga mengenalkan produk makanan khas Lampung Barat seperti madu pahit, keripik pisang coklat, dan aneka dodol," tutupnya. (RLs/Humas Prov/ANT/BPJ/MTh).

Pewarta: Oleh: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018