Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta masyarakat tetap menjaga dan melestarikan budaya Sunda khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Itu memang perlu dimana kebudayaan asli daerah sudah mulai terkikis oleh zaman. Itu dapat terlihat pada kuala muda daerah setempat," katanya di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, budaya Sunda tumbuh dan hidup dalam masyarakat dan hal itu dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun.

Selain itu juga memiliki karakteristik masyarakat yang periang, ramah-tamah, murah senyum, lemah-lembut dan sangat menghormati orang tua.

Dia mengingatkan bahwa budaya Sunda termasuk salah satu yang tertua di nusantara. Selain itu juga sering kali dikaitkan sebagai kebudayaan pada masa Kerajaan Sunda.

Ada beberapa ajaran dalam budaya Sunda tentang jalan menuju keutamaan hidup. Di antaranya etos dan watak Sunda yang meliputi "cageur", "bageur", "singer" dan "pinter" yang dapat diartikan sehat, baik, mawas dan cerdas.

Sunda juga merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi Bangsa Indonesia yang dalam perkembangannya perlu dilestarikan.

Ia menambahkan sistem kepercayaan spiritual tradisional Sunda adalah Sunda Wiwitan yang mengajarkan keselarasan hidup dengan alam.

Tetapi untuk saat ini hampir sebagian besar masyarakat Sunda beragama Islam, namun ada beberapa yang tidak beragama Islam.

"Walaupun berbeda namun pada dasarnya seluruh kehidupan ditujukan untuk kebaikan di alam semesta," katanya.

Sementara itu Ketua Yayasan Bambu Indonesia, Jatnika Nanggamiharja mengatakan dalam kebudayaan Sunda memang membenarkan bahwa kearifannya terus menyatu dengan alam semesta.

Hal itu juga dapat terlihat pada pusaka tradisional seperti kujang. Tetapi masih banyak budaya yang lebih menarik dan mendunia.

Di antaranya sisingaan, alat musik angklung, suling, pelog degung, madenda atau sorog, salendro, mandalungan dan masih banyak lagi.

Dia mengatakan, kebudayaan Sunda telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kebudayaan Indonesia. Kesenian Sunda, misalnya, sering mewakili Indonesia pada berbagai ajang dan acara internasional.

Seperti halnya angklung yang merupakan alat musik tradisional yang sudah dikenal hingga mancanegara.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018