Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor ( FEMA IPB) menggelar Seminar Persiapan Karier I-Change yang bertajuk ‘Membangun Generasi Muda Siap Menatap Era Digital’, Sabtu (24/3) di Kampus IPB Dramaga.

Kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas mahasiswa IPB ini menghadirkan Indra Sugiarto (Founder @masukkampus), Ayudia Bing Slamet (Founder @diabirthphoto), Ditto Percussion (Co-host Sarah Sechan Net TV) dan Erik Syamsul (Founder of ESR coach and consulting).

Erik Syamsul dalam pemaparannya menyatakan bahwa sukses itu ketika membantu orang lain agar sukses.

“Kita harus tahu bagaimana bergaul, berteman serta menyeimbangkan otak kanan dan kiri. Menjadi professional juga dibutuhkan konsistensi dan persistensi, misalnya jangan terburu-buru untuk pindah pekerjaan jika belum mencapai lima tahun karena kita belum dapat disebut sebagai ahli,” ujarnya.

Indra Sugiarto menganalisis banyak fenomena zaman digital salah satunya kecanggihan teknologi dan potensi menjadi entrepreneur. “Entrepreneur itu sesuatu yang sangat menggiurkan. Namun, dalam menjalaninya tentu diperlukan visi yang jelas. Bagi saya, kegigihan adalah segalanya. Untuk terjun ke dunia entrepreneur ini kita perlu memiliki mental dan attitude yang baik dalam menghadapi masalah,” katanya.

Pada sesi talkshow  kedua yaitu bersama Ayudia dan Ditto lebih membahas tentang bagaimana pasangan artis ini memulai usaha di dunia digital dan bagaimana kerjasama keduanya sebagai pasangan.

“Bagi saya, pasangan hidup hadir untuk melengkapi. Perempuan bisa berkarya dimana pun mereka berada, saya memilih untuk berkarya di bidang fotografi misalnya. Intinya,  media sosial jika digunakan dengan baik akan membuat kita menjadi produktif. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan dengan hobi dan passion kita masing-masing,” sebut Ayudia.

Ditto juga menambahkan, salah satu alasan untuk tetap bertahan di dunia digital entrepreneur adalah dengan memperbanyak bertemu orang lain, menjaring kolaborasi dengan banyak pihak serta terbuka dengan berbagai peluang yang hadir.

Acara ini dihadiri  ratusan mahasiswa dari lintas jurusan dan angkatan di IPB dan tampak hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekologi Manusia IPB, Dr. Siti Amanah. (ff/ris)

 

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018