Bogor (Antaranews Megapolitan) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor memberikan peringatan dini terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang terjadi di wilayah Bogor, Sabtu petang.

Menurut BMKG hujan lebat, disertai petir dan angin kencang ini berpotensi terjadi pada pukul 17.25 WIB. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung sampai pukul 19.30 WIB.

Hujan lebat disertai petir dan angin ini berpotensi terjadi di Kota Bogor, Megamendung, Cigudeg, Jasingan, dan sekitarnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyebutkan kondisi ini terjadi karena saat ini wilayah Bogor masuk musim peralihan menuju musim kemarau.

"Awannya kebanyakan cumulonimbus (cb) yang menghasilkan angin kencang dan hujan lebat, serta petir," katanya.

Pantauan Antara hujan mengguyur wilayah Kota Bogor sekitar pukul 17.00 WIB. Intensitas hujan yang turun cukup lebat, disertai kilat dan petir besar.

Hujan juga disertai angin, terasa angin bertiup hingga menyebabkan atap rumah terdengar bergerak, dan menggeser sejumlah genteng.

Menurut Hadi, hujan yang mengguyur wilayah Bogor tergolong ekstrim. Hingga berita ini diturunkan, hujan disertai petir masih terjadi.

"Kondisinya sama seperti di Sukabumi yang dilanda hujan lebat dan angin kencang pada tanggal 4 April yang lalu, menyebabkan beberapa titik pohon tumbang dan papan reklame berjatuhan," kata Hadi.

Hadi mengimbau agar warga selalu waspada, jika terjadi hujan lebat dan angin kencang, hindari berteduh di bawah pohon.

"Warga kami imbau selalu mengikuti informasi cuaca dari BMKG," kata Hadi.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018