Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Carsome, platform penjualan mobil bekas berbasis daring menyatakan akan memperluas pasar agar bisa menjangkau wilayah yang lebih banyak di Indonesia guna memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar mobil bekas di Indonesia.
    
Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu mengatakan, pihaknya akan melakukan ekspansi untuk menjangkau pasar lebih luas di Indonesia.
    
"Tentunya kami akan merekrut lebih banyak sumber daya manusia (SDM) untuk bergabung dengan Carsome menghadapi perjalanan yang semakin menarik dan penuh tantangan ke depan," katanya.
    
Hal itu sejalan dengan perusahaannya yang baru saja mendapatkan kepercayaan investor internasional ditandai dengan suntikan dana senilai 19 juta dolar AS atau setara Rp261,3 miliar untuk pendanaan seri B.
    
Perusahaan didukung oleh investor lokal dan global yang berasal dari Eropa, Tiongkok, AS, Jepang, dan Singapura.
    
Investasi baru ini dipimpin oleh Burda Principal Investments disusul Gobi Partners, lInnoVen Capital, serta Lumia Capital.
    
Carsome saat ini telah beroperasi di 4 negara yaitu Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Thailand.
    
Penambahan dana ini rencananya akan dialokasikan untuk meningkatkan dan memperdalam pijakan Carsome di Indonesia dan Thailand.
    
Kedua negara ini merupakan pasar otomotif terbesar dengan transaksi 3,6 juta mobil bekas setiap tahunnya.
    
Eric Cheng, Co-Founder dan CEO Carsome menjelaskan penambahan dana tersebut akan membantu Carsome untuk mengintensifikasikan ambisinya sebagai cara baru untuk menjual mobil bekas.
    
"Saat ini, pasar mobil bekas di Asia Tenggara diestimasikan bernilai lebih dari 30 miliar dolar AS setiap tahunnya, namun masih terpecah-pecah, tidak efisien, dan kurang transparan. Kami mengidentifikasi permasalahan tersebut dengan menyediakan platform penjualan mobil bekas online, yang terintegrasi dan transparan untuk memudahkan konsumen menjual mobil mereka ke berbagai dealer secara cepat, adil, dan bebas,” kata Eric Cheng.
    
Tercatat total nilai transaksi bulanan Carsome telah meningkat 4 kali lipat sejak Januari 2017.
    
Total penjualan mobil yang difasilitasi oleh platform daring Carsome, juga mengalami peningkatan 4 kali lipat dengan lebih dari 70 persen transaksi dilakukan antar-kota, bukti kuat proposisi nilai dan kecocokan produk yang ditawarkan oleh model bisnis seperti ini. (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018