Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam  IPB Mengajar konsisten lakukan kegiatan mengajar di desa-desa lingkar kampus IPB Dramaga. Tahun ini, sasaran dari tim IPB Mengajar adalah Desa Babakan, Kecamatan Dramaga. Kegiatan pengajaran dilakukan setiap hari Sabtu sore di Masjid Al-Barokah dengan jenjang usia siswa mulai dari TK sampai dengan SMP. Hingga saat ini, ada sekitar 50 orang siswa yang dibina oleh tim IPB Mengajar.

IPB Mengajar merupakan komunitas peduli pendidikan Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2012. Komunitas ini berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) IPB. Program pendidikan ini ditujukan khusus untuk masyarakat lingkar kampus IPB. Program tersebut rutin dilakukan setiap tahun sejak bulan Februri sampai November.

”Fokus dari program  mengajar ini adalah mengajarkan pendidikan umum kepada anak-anak yang disesuaikan dengan pelajaran mereka di sekolah. Kita membantu anak-anak yang kesulitan dalam proses belajar mereka. Selain itu, ada juga kegiatan di luar kelas yang dilakukan setiap minggu keempat, seperti jalan-jalan keliling desa maupun keliling kampus. Tujuannya agar anak-anak mengenal lingkungan sekitarnya,” jelas Jenni Rahmadini selaku penanggung jawab program IPB Mengajar.

Jenny juga menuturkan bahwa tidak hanya kegiatan akademik saja yang diajarkan, melainkan para pengajar juga mengajarkan anak-anak mengaji. Selain itu, ada juga pelatihan softkill kepada anak-anak, diantaranya public speaking, membaca puisi, drama, adzan, dan agriedu (agriculture education). Pada kegiatan agriedu, anak-anak dikenalkan pada dunia pertanian seperti menanam, mengurus kebun, dan sebagainya.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang cukup berarti dari adik-adik dan perizinan desa. Hanya saja, kami masih kekurangan pengajar karena kegiatan dilakukan di hari libur. Kami juga masih kekurangan media pembelajaran yang cukup memadai karena terkendala dana,” ujar Jenny.

Jenny berharap langkah kecil dari tim IPB Mengajar dapat bermanfaat untuk membantu adik-adik di lingkar kampus IPB. Selain itu, mahasiswa IPB dapat turut berkontribusi dan dapat juga menyalurkan hobi mengajar anak-anak pada program IPB Mengajar ini. (UAM/Zul)

 

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Jenni Rahmadini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018