Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Wakil Ketua Yayasan Wiranatakusumah Moely Wiranatakusumah mengatakan seni dan budaya bela diri silat harus menjadi identitas pemersatu bangsa khususnya dalam menjaga keutuhan budaya Sunda.

"Melalui silat bisa mewujudukan kebersamaan berbagai elemen masyarakat khususnya di Jabar yang tujuan untuk bersinergi dan membangun menjaga berbagai kebudayaan Sunda," katanya di sela acara deklarasi Gabungan Pendekar Silat Nusantara di Ponpes Al-Fath Kota Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, kebersamaan para pesilat dengan deklarasi Gabungan Pendekar Silat Nusantara ini sebagai salah satu langkah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, untuk menjaga keberadaan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini khususnya dari Sunda.

Pihaknya juga merasa wajib bersama-sama menjaga budaya Sunda (Jabar) dari sisi budaya dengan berbagai elemen masyarakat salah satunya dengan warga ponpes.

Kebudayaan Sunda ini cukup banyak selain dari bahasa juga dari berbagai seni seperti pencak silat ini yang menjadi identitas pemersatu bangsa. Karena seluruh provinsi di Indonesia pasti mempunyai aliran silatnya masing-masing sebagai lambang jati diri Indonesia.

"Jika tidak dari sekarang dan kita siapa lagi yang akan menjaga kebudayaan silat ini dari gempuran budaya dan bela diri asing yang merambah ke berbagai penjuru bangsa," tambahnya.

Moely mengatakan saat ini di dunia pendidikan pun pelajaran maupun muatan lokal dan ekstrakulikuler minim bahkan dihapus. Maka dari itu pihaknya juga bersinergi dengan berbagai elemen untuk mengenalkan kembali budaya-budaya khususnya Sunda.

Sementara, Ketua Umum Gabungan Pendekar Silat Nusantara Ece Suhendar mengatakan pencak silat merupakan ciri budaya bangsa yang berpegang teguh kepada agama dan NKRI.

Lanjut dia, budaya menjadi benteng NKRI yang salah satunya adalah silat. Maka dari itu, pihaknya terus membentuk organisasi gabungan perguruan silat ini yang sekarang sudah ada puluhan perguruan silat dari berbagai aliran dari empat provinsi yang membentuk cabang di provinsinya masing-masing.

"Dengan bergabungnya perguruan silat ini maka beladiri asli dari tanah Indonesia bisa terus bertahan di tengah masuknya jenis beladiri dari berbagai negara," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018