Bogor (Antaranews Megapolitan) - Isu-isu kemanusiaan telah banyak beredar baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, seperti  kejadian luar biasa di Asmat dan Banten, sampai konflik di Suriah dan Palestina. Untuk itu, lembaga-lembaga dakwah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengadakan Ice Box Challenge bagi mahasiswa IPB dan penggalangan dana untuk Palestina.  Acara ini diadakan di pelataran Masjid Al-Hurriyyah, kampus IPB Dramaga, Bogor, belum lama ini.

Ice Box Challenge merupakan suatu upaya untuk membangkitkan rasa empati dan kepedulian di kalangan mahasiswa IPB. Tantangan tersebut berupa mobil box yang diberi nama Mobil Palestina. Mobil box berisi sebuah tenda dan televisi untuk menampilkan video-video tentang kondisi musim dingin di Palestina dan Suriah. Tidak hanya itu, suhu di dalam box mobil juga diatur mencapai 10 derajat celcius.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merasakan bagaimana kondisi saudara-saudara kita di Palestina. Dengan demikian, harapannya mahasiswa dapat tersentuh dengan kondisi yang dialami saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Ketua Panitia Ice Box Challenge, Fadly.

Selain itu, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Hurriyyah bersama lembaga dakwah kampus lainnya mengadakan penggalangan dana yang dilakukan sejak Desember 2017 lalu. Donasi yang telah terkumpul dari seluruh mahasiswa IPB berjumlah Rp 31.840.000. Penyerahan donasi langsung dilakukan oleh Ketua LDK Al-Hurriyyah kepada pihak ACT yang diwakilkan oleh Dicky Irawan.

Fadly mengatakan, donasi tersebut akan digabungkan bersama donasi lain di seluruh Indonesia dalam misi Kapal Kemanusiaan Palestina yang dihimpun oleh ACT.

“Kapal Kemanusiaan Palestina merupakan misi mulia untuk mengantarkan 10 ton karung beras kepada rakyat Palestina. Kita sebagai muslim meskipun terpisah oleh batas-batas negara tetapi tetap bersaudara dan semoga dapat memberikan semangat kepada pejuang-pejuang Palestina di sana,” tuturnya.

Saat ini, LDK Al-Hurriyyah, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB, dan seluruh BEM Fakultas di IPB sedang melakukan penggalangan dana juga untuk Asmat dan gempa bumi di Lebak Banten. (UAM/nm)

 

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Fadly Hastito

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018