Bogor (Antaranews Megapolitan) - Fannisa Septariana, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi salah satu delegasi exchange di Universitas Filipina, Diliman. Exchange Program dari SHARE Credit Transfer dan Scholarship ini merupakan kerja sama antara ASEAN dan Eropa dengan tujuan meningkatkan kualitas mahasiswa ASEAN setelah mengikuti program kuliah  di Intra-ASEAN dan ASEAN-UE.

Fannisa akan menjalankan program ini selama satu semester, yakni sejak Desember 2017 - Mei 2018. Dalam program ini, Fannisa bersama satu mahasiswa Indonesia lainnya, dari Universitas Diponegoro (Undip).

Selama di Universitas Filipina, Diliman, Fannisa mengikuti perkuliahan di Faculty of Home Economics dengan mata kuliah dari departemen family and child development dan home economic education. ''Sejauh ini belum ada kegiatan lain yang dilakukan karena masih dalam tahap adaptasi. Jadi baru berkeliling kota bersama teman-teman baru di sana,'' ujar Fannisa.

Meskipun sudah menginjak tingkat akhir di IPB, Fannisa tetap membulatkan tekadnya untuk mengejar impian terbesarnya belajar di luar negeri. ''Awalnya dilema karena harus menunda kelulusan untuk exchange program ini. Namun, kesempatan besar ini sudah didukung oleh orang tua dan keluarga, jadi semakin yakin untuk meneruskan impian,'' katanya.

Seleksi yang dijalani Fannisa cukup singkat, hanya ada seleksi berkas tanpa wawancara. Namun, perjuangannya cukup berat karena kegiatan perkuliahan yang cukup padat.

Fannisa menceritakan pengalamannya setelah beberapa hari merasakan sistem pendidikan di Universitas Filipina, Diliman, seperti sistem pendidikan yang sudah berstandard internasional; kondisi kelas yang nyaman terdiri dari 20 orang mahasiswa; dan tenaga pengajar yang menyesuaikan kebiasaan anak muda. Awalnya Fannisa mengaku mengalami culture shock, hanya sedikit sekali mahasiswa yang berjilbab dan setiap mahasiswa bebas mengekspresikan diri mereka. ''Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan relasi,'' pungkasnya. (UAM/nm)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Fannisa Septariana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018