Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi, Jawa Barat, telah membentuk tim bantuan distribusi air bersih yang disiagakan di sejumlah kawasan rawan banjir di wilayahnya.

"Sejak Kamis (8/2) tim sudah bergerak mendistribusikan air bersih ke Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi yang dilanda banjir," kata Kepala Sub Bagian Humas PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Fauzi Ahmad di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, ?pendistribusian air ini merupakan tindak lanjut kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi juga sekaligus bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada sesama.

"Bantuan air bersih yang disalurkan sebanyak tiga tanki. Penyaluran bantuan merupakan hasil koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi," katanya.

Menurut dia, korban banjir dapat melayangkan surat permohonan kepada BpBD Kabupaten Bekasi agar penyaluran bantuan tepat sasaran bagi warga yang benar-benar membutuhkan pasokan air bersih.

"BPBD tentunya hapal persis situasi di lapangan dan mana-mana saja warga yang membutuhkan pasokan air bersih. Jika sudah ada permintaan dari BPBD, baru kami bergerak ke lapangan," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim mengatakan tim tersebut dibentuk di setiap kantor cabang PDAM Bhagasasi yang berkoordinasi dengan BPBD.

Usep mengaku sudah mengingatkan para kepala cabang untuk aktif memantau situasi wilayah kerjanya.

Mana kala terjadi bencana semisal banjir di salah satu lokasi di wilayah kerjanya, kepala cabang bersangkutan harus sigap merespon dengan menyalurkan bantuan air bersih.

Kepala cabang agar memantau wilayah kerjanya. Segera salurkan air bersih bila ada masyarakat korban banjir yang membutuhkan air bersih,'' katanya.

Menurut Usep, setiap musim hujan dan terjadi banjir, masyarakat yang sering dibantu air bersih secara gratis oleh PDAM adalah warga Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin, dan Babelan Kabupaten Bekasi.

Sementara di wilayah Kota Bekasi, pemberian air bersih saat banjir dilakukan? kepada korban di beberapa perumahan Kecamatan Jatiasih, di antaranya warga Perumahan Pondok Gede Permai.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018