Bandung (Antaranews Megapolitan) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) dan Uu Ruzhanul Ulum menjadi pasangan pertama yang resmi mendaftar ke KPU. Pasangan ini mendaftar setelah sebelumnya menggelar doa bersama di Stadion Sidolig, Kota Bandung.

Kedatangan pasangan ini didampingi pengurus parpol pengusung dan ratusan pendukung yang disambut lengser dan tarian Mayang sekitar sepuluh menit.

Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat mengatakan, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar bukan sekedar proses politik meraih kekuasaan semata, tapi juga tempat belajar berdemokrasi, baik bagi masyarakat Jawa Barat dan bangsa Indonesia maupun warga dunia.

"Pemilu di Jabar merupakan pemilu terbesar di dunia. Lebih dari Australia dan Kanada, atau setara Spanyol," katanya.

Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Pilgub Jabar sebagai wahana wisata politik dan edukasi demokrasi.

"Harus bisa dinikmati oleh semua. Bisa ditonton enak, seperti teater atau liga Champion," katanya.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil menyampaikan telah memberikan syarat-syarat pencalonan dan calon yang diminta KPU. Usai memberikan kelengkapan berkas, pada Kamis, ia bersama Uu akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin.

"Di hari Selasa kami Rindu, Ridwan-Uu, sudah mendaftarakan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Dua format berkas sudah lengkap, format dukungan dan format masing-masing calon yang sudah dilengkapi," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018