Bogor (Antaranews Megapolitan) - Beberapa hari lalu, telah terjadi kebakaran di kampung Coblong RT 05 RW 01 Kelurahan Gudang Kecamatan Bogor Tengah. Korban sekitar 40 KK dan dievakuasi ke SDN Empang. Melihat kondisi ini, Mobil Curhat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himaiko) dan Forum Anak Kota Bogor melakukan trauma healing pada korban kebakaran.

Mobil Curhat ini menjadi wadah konsultasi masyarakat terhadap permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan gizi, kesehatan, keluarga, dan anak. Sasaran utamanya adalah pada anak-anak dan remaja yang lebih rentan terhadap depresi dan stres akibat kebakaran yang dialami keluarga mereka.

Tujuan utama kegiatan trauma healing ini adalah untuk mengembalikan kembali rasa percaya diri anak dan mengalihkan pikiran mereka akan kejadian kebakaran yang menimpa mereka beberapa hari lalu.

''Banyak anak-anak yang cerita bahwa mereka tidak bisa tidur. Ada juga yang merasa tidak percaya bahwa rumah mereka sudah hangus terbakar. Ada juga yang masih mencari barang-barang sisa kebakaran di rumah masing-masing dengan harapan masih ada barang yang bisa di selamatkan,'' ujar Eka Wulida Latifah, salah satu konselor Mobil Curhat.

Sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nyaman pada anak-anak dan remaja yang tinggal pada posko-posko pengungsian, trauma healing yang disusun oleh Tim Mobil Curhat dan Himaiko mengajak mereka untuk bermain, menonton film, dan berlomba untuk mendapatkan hadiah.

Kegiatan trauma healing ini dilakukan seminggu sekali selama dua bulan ke depan dengan mekanisme yang lebih terstruktur. Sementara itu untuk orangtua yang mengalami depresi dan stres akan diadakan taruma healing khusus bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Program Magister Psikologi, Universitas Indonesia.

''Dengan adanya kegiatan trauma healing ini, saya harap masyarakat semakin peduli akan pentingnya membantu para korban bencana bukan hanya dalam bentuk bantuan materiil, namun juga bantuan psikologis,'' tutur Eka.(umi/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Eka Wulida Latifah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018