Jakarta,  (Antaranews Megapolitan)  - Puluhan pengunjung di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, Senin pagi, antusias menaiki dan berswafoto dengan kuda milik Detasemen Turangga Direktorat Polisi Satwa Korps Sabhara Barhakam Mabes Polri yang berpatroli dalam kawasan Ragunan.

Setelah memasuki pintu masuk, pengunjung bisa langsung mengantre untuk menaiki kuda atau hanya sekadar mengabadikan gambarnya bersama kuda milik Polri itu.

Para pengunjung menaiki kuda milik Polri yang tengah melakukan patroli untuk pengamanan di kawasan Ragunan tidak dikenakan biaya sepersen pun. Pengunjung pun terlihat senang bisa menaiki kuda dengan tinggi 170 sentimeter dan berat 800 kilogram itu.

"Para pengunjung yang ingin menaiki kuda tidak dikenakan biaya alias gratis," kata anggota Detasemen Turangga Direktorat Polisi Satwa Korps Sabhara Barhakam Mabes Polri Bripka Bambang Wijanarko.

Menurut dia, berswafoto dengan kuda milik Polri tersebut sebagai salah satu yang memberikan hiburan kepada para pengunjung Ragunan.

Kuda yang diterjunkan di kawasan Ragunan sebanyak dua ekor ini bertugas untuk melakukan patroli di dalam kawasan Ragunan untuk pengamanan para pengunjung.

"Kami berikan kesempatan kepada para pengunjung untuk berswafoto dengan kuda milik Polri ini, setelah kami melakukan patroli. Ini sebagai pelayanan kepada masyarakat," kata Bambang.

Kuda milik Polri itu, kata dia, memang sudah rutin dikerahkan setiap tahun di kawasan objek wisata di Jakarta.

Menurut dia, objek wisata Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga diterjunkan dua ekor kuda untuk membantu pengamanan.

"Pengerahan personel berkuda Polri ini dimaksudkan untuk mempermudah petugas ketika para pengunjung membutuhkan pertolongan dengan cepat," ujarnya lagi.

Pengerahan personel berkuda Polri ini hanya bersifat taktis, bukan pengamanan yang sifatnya 'standby' di pos pengamanan, sehingga waktunya tidak lama.

"Jadi, siang hari kami akan kembali ke markas. Lagi pula kami tidak membawa makanan untuk kuda," ujarnya lagi.

Salah satu pengunjung, Adi (30) mengaku senang anaknya bisa menaiki kuda milik polisi tersebut.

"Anak saya senang sekali bisa menaiki kuda milik polisi yang sangat besar itu," katanya pula.

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018