Jakarta, (Antaranews Megapolitan) - Anggota DPR RI H. Yaqut C. Qoumas mengungkapkan perlu terus menggelorakan cinta tanah air agar dapat memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jangan sampai ada dari anak-anak kita, tidak mau hormat pada bendera merah putih. Inikan sudah salah dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Saatnya kita gelorakan cinta tanah air untuk memperkokoh NKRI," kata politisi dari Fraksi PKB tersebut dalam keterangan tertulisnya, Rabu. 

Menurut dia cinta tanah air itu tidak harus dengan angkat senjata. Tapi, dengan prestasi mengharumkan nama bangsa dan mencintai sesuai dengan kapasitasnya. Seperti seorang seniman yang menyalurkannya melalui lagu kecintaan pada tanah air.

Ia mengatakan gempuran informasi dan pengaruh dari asing patut diwaspadai, seperti pengaruh budaya, sosial, ekonomi, politik, ideologi dan lainnya yang bisa menjadi ancaman bagi NKRI bila tidak diwaspadai. 

"Beragam cara bisa dilakukan dalam menyalurkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia. Diantaranya melalui prestasi mengharumkan nama bangsa, seni, mencintai budaya dan tradisi lokal, produk Indonesia, lingkungan dan lainnya," katanya.

Ketua Umum GP Ansor ini mengungkapkan dalam konsep agama juga mengajarkan bagaimana cinta tanah air. Dia menambahkan, cinta tanah air sebagian dari iman. Dengan kata lain, lanjutnya, cinta tanah air juga mempengaruhi nilai tingkat keimanan seseorang. 

"Rela mengorbankan jiwa dan raga untuk bangsa yang mengekspresikannya sesuai dengan kapasitasnya. Apalagi anak zaman now, tentu caranya berbeda namun esensinya sama. Harapannya, seluruh elemen bangsa dengan rasa cinta yang tinggi menjadikan bangsa Indonesia tangguh," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017