Bogor (Antara Megapolitan) - Polresta Bogor Kota, Jawa Barat, mengerahkan tim penjinak bom Brimob Polri untuk mensterilkan sejumlah gereja menjelang Natal, Minggu.

Pensterilan dimulai dari Gereja Katedral Bogor di Jalan Kapten Muslihat dipantau langsung oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya didampingi Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman beserta jajaran.

Tim penjinak bom beserta anggota Polresta Bogor melakukan penyisiran di ruang ibadah di Gereja Katedral didampingi oleh Romo Hendro beserta panitia Natal.

"Kami melakukan sterilisasi gereja guna mengantisipasi teror dan gangguan keamanan ketertiban masyarakat yang mungkin terjadi," kata Kapolresta Bogor Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya.

Ia mengatakan sterilisasi dilakukan di semua gereja yang ada di Kota Bogor terutama yang jumlah jemaatnya cukup banyak. Total ada 68 gereja yang tersebar di enam kecamatan.

Menurut Ulung upaya pengamanan dilakukan jajaran Polresta Bogor bersama-sama TNI dengan melakukan pengecekan langsung dan sterilisasi.

"Sejauh ini hasil pengecekan tidak ada hal-hal yang mencurigakan, tetapi tetap kami antisipasi, dan rutin melakukan kegiatan antisipasi segala macam bentuk gangguan Kamtibmas," katanya.

Upaya sterilisasi yang dilakukan jajaran Polri dan TNI mendapat apresiasi dari pihak Gereja Katedral.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polresta Bogor Kota dan Kodim yang telah melakukan pengawalan terhadap pelaksanaan Natal ini," kata Kepala Paroki Gereja Katedral Bogor Pastur Tukio Dominikus Savio.

Menurut Pastur Tukio, sterilisasi yang dilakukan jajaran Polri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan perayaan Natal berjalan aman, lancar, dan damai.

"Kami percaya dengan aparat, tidak hanya dibantu oleh jajaran Polri tetapi ada ormas yang juga ikut mengamankan jalannya Natal, kami juga mengerahkan petugas keamanan dalam dari gereja," kata Tukio.

Total ada 3.000 jemaat Katolik yang melaksanakan ibadah misa Natal di Gereja Katedral Bogor.

Daya tampung gereja Katedral Bogor hanya 700 orang, pihak panitia menyediakan kursi tambahan dilengkapi tenda di pelataran parkir gereja untuk menampung umat. Jadwal misa dibagi dalam beberapa waktu, untuk Minggu malam ini ada dua jadwal misa, yakni pukul 17.30 WIB dan 21.00 WIB.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017