Bogor, 2/12 (ANTARA) - Kampung Budaya Sunda Sindangbarang, Kecamatan Tamasari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar festival budaya Seren Taun Kuwera Bakti 2012, Minggu.

"Kegiatan ini digelar setiap tahunnya. Ini merupakan yang ke delapan kalinya digelar," kata Netti (75) salah satu peserta dari Pemuku Lesung saat ditemui di lokasi.   
Menurut Netti, kegiatan Seren Taun digelar dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1434 Hijrian.

"Festival ini sebagai bentuk syukur masyarakat dengan datangnya Tahun Baru Islam, merayakan dengan berbagai kegiatan budaya," katanya.

Ia mengatakan, berbagai pagelaran seni dan budaya ditampilkan dalam Festival Seren Taun Kuwera Bakti di Kampung Sunda Budaya Sindangbarang diantaranya, pukul lesung, arak dongdang, tari-tarian, silat dan rekong atau mengarak aneka hasil panen seperti gabah, sayur-sayuran dan hasil kerajinan sendal.

Seren Taun dibuka secara resmi oleh Waki Bupati Karyawan Faturachman didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rudi Gunawan, dan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan budaya se wilayah Kabupaten Bogor.

"Seren Taun ini adalah frahmen, upacara adat masyarakat Sunda kepada para raja-raja. Seren Taun ini mengajarkan gotong-royong masyarakat dan solidaritas antar warga," katanya.

Karyawan menambahkan, Seren Taun merepukan salah satu potensi budaya Kabupaten Bogor yang dapat menghadirkan wisawatan baik nasional maupun mancanegara.

"Pemda sedang mendorong agar budaya Seren Taun dapat dikenal masyarakat luas," katanya.

Sementara itu, ratusan masyarakat dari sejunlah daerah mendatangi lokasi Kampung Budaya Sunda Sindangbarang untuk menyaksikan pegelaran budaya yang gelar dari pukul 08.00-12.00 WIB.

 

Laily R
Ilustrasi : antaranews.com

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012