Bogor, 1/12 (ANTARA) - Sinar Mas bersama Komunitas Jurnalis Radio mewakafkan 200 kitab suci Al Quran kepada sejumlah pondok pesantren dan masjid di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Wakaf Al Quran ini merupakan salah satu komitmen Sinar Mas membantu membangun aspek spiritual serta intelektualitas generasi muda," kata Senior Director Sinar Mas, Yan Partawijaya.

Yan mengatakan, ada 10 pondok pesantren serta panti asuhan yang berada di Desa Tugu Utara yang diberikan wakaf Al Quran.

Kegiatan pemberian wakaf Al Quran, bersamaan dengan penyelenggaraan Hari Bumi yang diisi dengan penanaman pohon di lingkungan masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat bahwa kertas adalah produk berbasis kehutanan yang ramah lingkungan dan berkontribusi pada penyerapan karbon," katanya.

Yan menjelaskan, Al Quran yang diwakafkan diproduksi menggunakan Sinar Tech atau lebih dikenal dengan Quran Paper (QPP).

Jenis kertas ini, lanjut dia, dikembangkan APP melalui PT Indah Kiat Pupl and Paper Tbk Tangerang.

"Kertas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan umat muslim akan kertas kitab suci yang berkualitas, dengan tekstur khusus," katanya.

Kertas ini, lanjut Yan, yang dalam penggunaan pada kondisi normal dapat bertahan hingga 100 tahun, tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena diproses mengedepankan kehalalan, baik dari sisi bahan baku, proses produksi, penyimpanan hingga distribusi.

"Bersama dengan pilar usaha Sinar Mas lainnya, sejak 2008 Sinar Mas telah mewakafkan lebih dari 65.000 Al Quran ke sejumlah kelompok masyarakat dan lembaga pendidikan di berbagai lokasi," katanya.
 


Laily R

 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012