Surabaya (Antara Megapolitan) - Para pekerja atau buruh di Indonesia sepertinya tidak akan menggelar unjuk rasa pada perayaan "May Day" tahun depan. Pemerintah menyediakan "panggung" berupa pertandingan sepak bola khusus kalangan pekerja atau buruh dalam menyambut "May Day" 2018. 

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri membuka Liga Pekerja Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu. 

Ia berharap Liga Pekerja Indonesia menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan "May Day" bagi pekerja atau buruh dan masyarakat Indonesia melalui ajang sepak bola yang menjadi cabang olahraga yang paling populer di seluruh dunia.

"Liga Pekerja Indonesia ini juga bertujuan memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan dan melahirkan atlet sepak bola potensial dari kalangan pekerja atau buruh," kata Hanif.

Liga Pekerja Indonesia dapat meningkatKan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olahraga khususnya sepak bola. Selain itu, juga diharapkan bisa memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, Kebhinnekaan, serta meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja atau buruh.

Menurut dia, Liga Pekerja Indonesia merupakan momentum tepat menyambut May Day tahun 2018 dan menjadikannya sebagai hari menyenangkan bagi semua unsur, baik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), pengusaha dan pemerintah.

"Sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja," katanya.

Hanif berharap Liga Pekerja Indonesia digelar secara berkelanjutan agar berdampak pada perubahan wajah peringatan Hari Buruh Internasional di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang lebih positif dan memberikan hiburan bagi masyarakat, serta meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia.

"Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan juga mendukung semua kegiatan positif untuk merayakan May Day baik Pra-May Day maupun Post-May Day di seluruh daerah," katanya.

Liga Pekerja Indonesia akan digelar di tiap provinsi dan diikuti maksimal 16tim. Selanjutnya tim juara akan berlaga di delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional, yang selanjutnya ke babak semifinal dan babak final di Jakarta.

Partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada  1 Mei 2018.

Juara Liga Pekerja Indonesia selain mendapatkan piala bergilir Presiden, juga berhak mengantongi uang pembinaan yang diberikan kepada juara I, juara II, juara III, dan juara IV. Penghargaan juga diberikan kepada pemain dengan kategori pencetak gol terbanyak, pemain terbaik dan kiper terbaik. 

Pewarta: Indra Setiawan/Willy Irawan

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017