Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat kembali menerima "Indonesia Road Safety Award" (IRSA) 2017, ini merupakan penghargaan ketiga yang diterimanya, Kamis.

Kota Bogor terpilih sebagai finalis salah satu kota terbaik kategori Kota dengan kepadatan penduduk tinggi. Selain itu juga terpilih sebagai pemenang penghargaan per pilar "Road Safety", yakni kategori Pilar dua jalan yang berkeselamatan (Safer Road) dan Pilar tiga kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle) serta penghargaan khusus terbaik kota pada upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menerima langsung penganugerahan tersebut dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Jakarta.

Bima mengatakan Pemkot Bogor terus memperbaiki sarana publik, salah satunya dengan membangun akses bagi pejalan kaki yakni fasilitas pedestrian secara bertahap.

"Tahap pertama sudah dibangun di seputaran Kebun Raya Bogor. Kota Bogor mendapatkan penghargaan dalam penilaian penambahan fasilitas bagi para pejalan kaki," kata Bima.

Tahun depan, lanjut Bima, Pemkot Bogor sudah menganggarkan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas pejalan kaki ?ke beberapa wilayah, seperti Jl Suryakencana dan Jl Jendral Sudirman.

IRSA merupakan wujud apresiasi kepada kota/kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. IRSA rangkaian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Insurance yang bertajuk kampanye "I Wanna Get Home Safely !".

Kampanye ini digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

Secara spesifik, program IRSA adalah pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan jalan.

Semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kabupaten/kota agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga

tercipta keselamatan lalu lintas jalan.

Tercatat ada 120 peserta dari kabupaten/kota yang masuk kategori dan akhirnya terpilih 23 kabupaten/kota terbaik dari seluruh Indonesia yang berhasil masuk ke tahap final.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017