Depok, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi pembangunan Masjid Assalam yang berasal dari pemberi hibah warga Depok untuk beribadah bagi warga sekitar.

"Bangunannya indah, minimalis dan sejuk. Membuat orang betah baca Al Quran disini, tapi jangan dijadikan sebagai tempat tidur," katanya di Depok, Rabu.

Masjid Assalam yang terletak di Jalan Kramat RT 01 RW 01 Kelurahan Pangkalanjati Kecamatan Cinere, merupakan hibah dari salah satu warga yang merupakan pensiunan pejabat Kejari, Muhammad Salim.

"Saya atas nama pribadi dan Pemkot Depok, mengucapkan terima kasih akan keikhlasan keluarga yang telah membangun masjid ini," katanya.

Untuk itu wali kota mengimbau agar nantinya pengelola masjid dilakukan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) bukan yayasan.

"Nantinya dalam pembentukan DKM akan ada penasehat dan pengurus. Dengan cara mengajukan struktur DKM ke Walikota. Kemudian lima tahun sekali diperbaharui izin guna pakai masjid," jelasnya.

Menurutnya berdasarkan pengalaman, akan sangat berat jika nantinya masjid dikelola yayasan. "Lebih baik pengurus DKM dari masyarakat sekitar dan gunakan masjid oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan positif.

"Masyarakat bisa menggunakan masjid sebagai kegiatan positif seperti pengajian atau kegiatan lain," tutupnya.

Sementara itu Pemberi Hibah Masjid, Muhammad Salim mengatakan sebelumnya bangunan masjid tersebut berdirinya dulunya adalah tempat tinggalnya. Kemudian ia dan keluarga memutuskan pindah ke Kebayoran dan menjadikan rumahnya yang di Cinere sebagai masjid.

"Saya berharap dapat digunakan warga dengan baik dan bisa mendatangkan banyak manfaat untuk lingkungan sekitar. Siapa saja bagi yang ingin beribadah, silahkan datang kesini," katanya.***4***

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017