Bogor (Antara Megapolitan) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan program studi pendidikan guru PAUD di STKIP Muhammadiyah, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Mendikbud mengapresiasi keberadaan program studi pendidikan guru PAUD di STKIP Muhammadiyah Bogor yang merupakan satu-satunya yang ada di wilayah tersebut.

Menurut Mendikbud lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting sebagai lembaga untuk menguatkan karakter anak sejak usia dini.

"Segala kegiatan yang bersifat mentalitas berawal dari penanaman karakter pada anak sejak usia dini," katanya.

Oleh karena itu, Mendikbud mendorong agar seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk memberikan perhatian khusus pada PAUD.

"Pemerintah pusat maupun daerah perlu memberdayakan dan menguatkan kelembagaan PAUD, dan bisa bersinergi mengembangkan program studi PAUD," katanya.

Rektor STKIP Muhammadiyah Bogor Dr Yusfitriadi menyebutkan minat terhadap program studi pendidikan guru PAUD cukup tinggi dilihat dari jumlah mahasiswa yang terdaftar saat ini.

"Izin prodi baru keluar September 2017, saat periode penerimaan mahasiswa baru sudah selesai, tetapi PG Paud ini cukup diminati, saat ini ada 80 mahasiswa S1 yang sudah memulai perkuliahan," katanya.

Ia mengatakan dasar didirikannya program studi pendidikan guru PAUD berawal dari hasil kajian kelayakan untuk program studi baru yang dilakukan STKIP Muhammadiyah Bogor.

Dari hasil kajian tersebut diketahui dari sekitar 500 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bogor, satu desa minimal memiliki lima PAUD. Jika dijumlah ada ribuan PAUD di wilayah tersebut, tetapi sumber daya manusianya jarang sekali yang berpendidikan Sarjana PAUD.

"Menjawab hal itu STKIP Muhammadiyah menginisiasi berdirinya program studi pendidikan guru PAUD agar meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru PAUD di wilayah Kabupaten Bogor," kata Yusfitriadi.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017