Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, menggandeng remaja menjadi duta kesehatan yang akan membantu mempromosikan program dan kegiatan hidup sehat kepada masyarakat.

"Era sekarang kaum muda memiliki peran strategis terutama dalam hal mempromosikan kesehatan kepada masyarakat," kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor, Ika Lasty Ningrung, Kamis.

Ia mengatakan total ada 21 remaja putra dan putri yang berasal dari perwakilan setiap kecamatan di Kota Bogor diseleksi menjadi duta kesehatan melalui kegiatan Duta Muda Sehat Award tingkat Kota Bogor.

"Mereka adalah remaja berusia 17 sampai 24 tahun, kami sengaja memilih rentang usia begitu agar lebih bisa masuk ke masyarakat dan kelompok sebayanya," kata Ika.

Sebelum dipilih, para kandidat duta ini mengikuti masa karantina selama tiga hari, diberikan pembekalan materi untuk menambah wawasan tentang program kesehatan, seperti gerakan masyarakat hidup sehat, dan program lainnya yang ada di tahun 2018 nanti.

Tujuan diadakannya Duta Muda Sehat Award agar para remaja tersebut membantu Dinas Kesehatan untuk mempromosikan kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Mereka juga disiapkan untuk membant tugas Dinas Kesehatan, jadi perpanjangan tangan kami di lapangan, agar program-program kesehatan ini benar-benar dirasakan masyarakat," katanya.

Selain diberi wawasan seputar kesehatan, para duta juga dilatih sikap dan etika sebagai seorang duta yang dapat menjelaskan kepada masyarkat tentang kesehatan.

Sebanyak 21 kandidat Duta Muda Sehat Award Kota Bogor diseleksi secara tertulis, serta sikap dan etika oleh tim juri yang berasal dari Dinas Kesehatan dan mantan Moka (Mojang Jajaka) Kota Bogor.

"Sesuai dengan tren saat ini "kids zaman now" Dinkes menggandeng remaja untuk berperan aktif menjadi duta kesehatan bagi Kota Bogor," kata Ika.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017