Bogor (Antara Megapolitan) - Ajang kompetisi atletik se-Pulau Jawa telah selesai dilaksanakan pada 28 Oktober lalu. Kompetisi dengan nama Universitas Indonesia Annual Athletic Championship (UIAAC) ini merupakan ajang kompetisi atletik tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. 

Pada tahun ini UIAAC 2017 membuka cabang tolak peluru, lompat jauh, lari 100 m, 200 m, 800 m, 1500 m, 4×100 m, relay 4×100 m, dan 5000 m.

Dari ajang ini mahasiswa Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB), Mohamad Iqbal Kurniawinata, berhasil menyabet peringkat ke-3 dalam cabang atletik lari 200 meter.

"Saya ingin mencoba merasakan kompetisi di luar kampus. Apalagi ini kompetisi atletik se-Pulau Jawa, sehingga menjadi motivasi tersendiri untuk saya," ujar Iqbal.

Mahasiswa yang sekarang aktif di Himpunan Mahasiswa Akuakultur IPB dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket ini sebelumnya juga berhasil menyabet gelar ke-3 dalam kegiatan yang sama pada cabang lompat jauh tahun 2016 lalu.

Untuk dapat meraih prestasi ini, Iqbal memulai latihan intensif beberapa minggu sebelum event dilaksanakan. Latihan yang dilakukan dikoordinasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB. Perwakilan IPB dipilih dari mahasiswa yang berminat mengikuti kompetisi ini dan sebagian diambil dari juara Olimpiade Mahasiswa IPB (OMI).

Selain kompetisi atletik, mahasiswa yang kini duduk di tingkat akhir ini berencana untuk kembali berkompetisi pada cabang olahraga basket pada Desember mendatang. Dari prestasi diperolehnya, ia berkata perlu dibentuknya komunitas atletik di IPB sehingga akan lebih banyak lagi atlet-atlet IPB yang menyumbangkan prestasinya dalam dunia olahraga.

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017