Bogor (Antara Megapolitan) - Salah satu bentuk dari pengabdian masyarakat adalah dengan giat mengikuti kegitan-kegiatan sosial. Hal ini pula yang dilakukan oleh  Fifi Muslimah, salah satu Duta Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema).

Pada tahun pertama memasuki perkuliahan, Fifi mengikuti kegiatan Birena yang merupakan salah satu kegiatan di bawah naungan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hurriyyah yang konsen pada bidang pendidikan anak-anak.

Kecintaannya pada hal keluarga dan anak-anak membuatnya bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Apalagi setelah memasuki Departemen IKK yang memfasilitasi para mahasiswanya untuk terjun langsung ke lapangan, seperti mengunjungi PAUD, TK, SD, Posyandu, atau bahkan bertemu dan berdiskusi langsug dengan kaum ibu.

"Saat melihat anak-anak, saya seperti melihat masa depan. Mereka adalah generasi penerus bangsa. Oleh karena itu sudah sepantasnya mereka mendapatkan pola asuh dan pengajaran yang baik," ujar Fifi.

Mahasiswi penerima Beasiswa Aktivis Nusantara ini pun menjadi volunteer pada Gerakan Cinta Anak Tani (GCAT) yang tak lain adalah gerakan sosial beasiswa tersebut.
Melalui GCAT, Fifi bersama dengan para penerima beasiswa lainnya mengadakan training dan coaching bagi para siswa SMA kelas XII yang merupakan anak petani dan dirasa kurang mampu secara finansial.

Kegitan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para siswa sebelum menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Semangat Fifi tak berhenti di situ. Ia juga menjadi volunteer di berbagai kegiatan sosial lainnya. Kegiatan yang ia ikuti antara lain Gerakan Cerdas Iklim (GCI) dan Relawan Cikarawang.

"Kegiatan GCI di antaranya mengajarkan tentang lingkungan kepada anak-anak SD, baik setelah bencana maupun upaya pencegahan bencana. Sementara Relawan Cikarawang adalah kegiatan memberikan pengajaran kepada anak-anak yatim yang ada di Desa Cikarawang," tuturnya.

Meski aktif di berbagai kegiatan sosial, hal ini tak menyurutkan prestasi Fifi. Beberapa prestasi pernah diraih Fifi, di antaranya sebagai Mahasiswa Berprestasi Departemen IKK; Deledasi EXAP 2017 di Seoul National University Korea Selatan; Delegasi Indonesia Youth Forum 2017 di Yogyakarta; dan menjadi delegasi MTQ MN XV di Malang.

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017