Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memberikan peluang kepada pihak swasta untuk membangun bandar udara di Citarete, Kecamatan Surade.

Dari hasil diskusi dengan Kementerian Perhubungan RI diperkirakan pembangunan bandara Sukabumi tidak di wilayah Citarete dengan alasan jaraknya cukup jauh ke pusat kota dan Ibu Kota DKI Jakarta.

"Sehingga kami memberikan peluang kepada swasta untuk membangunnya jika Citarete tidak jadi dibangun pemerintah pusat," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, Bandara Citarete tersebut nantinya digunakan untuk menunjang alur wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Selain itu, keberadaan Bandara Citarate didorong untuk menguatkan penilaian dari tim asesor Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan syarat.

Jika bandara ini sudah dibangun juga untuk meningkatkan perekonomian warga selain di sektor pariwisata, karena potensi perikanan seperti lobster dan ikan laut sangat melimpah dengan kualitas ekspor.

"Peluang ini masih terbuka, sehingga jika ada investor swasta yang siap untuk membangun Bandara Citarate maka kami akan mendorongnya dan tentunya membantu dalam pengadaan lahan," katanya.

Marwan mengatakan dengan semakin meningkatnya infrastruktur transportasi di Kabupaten Sukabumi akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi warga.

Apalagi pembangunan oleh pemerintah pusat tertuju ke wilayah selatan Pulau Jawa khususnya di Kabupaten Sukabumi yang banyak mempunyai potensi sumber daya alam (SDA).

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017