Bogor (Antara Megapolitan) - Sebagai Duta Institut bertugas menjadi contoh dan perwakilan Institut  Pertanian Bogor (IPB), Klasta Java Sea Sanjaya, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) ini bertugas mempromosikan IPB ke berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun instansi.

"Duta institut itu adalah representasi dari setiap fakultas. Setiap fakultas dipilih dua orang yang tugasnya membantu kegiatan-kegiatan yang ada di IPB serta ikut dalam mempromosikan IPB baik ke SMA ataupun ke instansi lainnya. Kami biasanya menjadi narasumber education fair ke SMA dan mengisi berbagai acara atau menjadi LO (Liaison Officer) di IPB," tutur Klasta.

Mahasiswi semester 5 ini aktif diberbagai organisasi intra maupun exstra kampus IPB. 

"Kalau di IPB sendiri saya aktif di UKF (Uni Konservasi Fauna) sebagai sekretaris umum. Di sana kita melakukan penelitian dan ekspedisi ke berbagai taman nasional. Terakhir kita ke Sabang melakukan ekspedisi di pulau terluar Indonesia paling barat Pulau Rondo. Untuk di luar kampus saya aktif di Clean Action yaitu komunitas di bidang lingkungan di Bandung dan juga Seribu Guru di Sukabumi jadi pengajar di pedalaman-pedalaman Sukabumi. Selain itu, saya juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Agria Swara," jelas Klasta.

Klasta menjelaskan pengalamannya di fakultas dan bagaimana prosesnya terpilih menjadi Duta Institut. 

“Mulanya fakultas melakukan penjaringan melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan rekomendasi dari teman dan dosen, sehingga ditunjuk langsung menjadi Duta Insitut dari FKH. Selama di FKH saya pernah ikut grup student exchange Februari lalu ke China selama dua minggu. Jadi kita di sana belajar tentang FKH dan pertukaran budaya juga. Kalau di FKH sendiri saya pernah membawa FKH juara aerobik di Olimpiade Mahasiswa Indonesia (OMI) dan tari tradisional,” ujarnya.

Mahasiswi asal Sukabumi ini juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat. 

"Saat ini sedang menyusun rencana program untuk pengabdian masyarakat tahun depan. Setiap tahun FKH menggelar kegiatan pengabdian masyarakat ke pulau-pulau yang ada di Indonesia. Tahun lalu ke Lombok. Tahun depan rencananya pengabdian masyarakat dilaksanakan di Makasar. Kegiatannya  dibagi per kecamatan. Kita membantu peternakan yang ada disana seperti memberi obat cacing dan vaksin serta penyuluhan-penyuluhan ke sekolah," ungkapnya.

Ia menambahkan, kelebihan menjadi Duta Institut yaitu belajar banyak hal dan lebih mencintai IPB dan bisa mengenali IPB lebih dalam sehingga dapat memberi motivasi teman-teman SMA, agar yakin untuk masuk IPB.

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017