Depok, (Antara Megapolitan) - Sebanyak 110 tim yang berasal dari 36 perguruan tinggi se-Indonesia akan bertanding menciptakan karya dan produk inovatif di bidang teknologi informasi dan komunikasi pada 10 kategori lomba Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2017.

"UI melalui Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) berkomitmen untuk menjadi pusat unggulan di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Indonesia yang diakui masyarakat ilmiah internasional," kata Rektor UI Muhammad Anis di kampus UI Depok, Kamis.

Untuk itu, kata dia, UI sangat mendukung kegiatan Gemastik ini karena seturut dengan upaya UI di dalam meningkatkan penguasaan teknologi dan peningkatan hasil karya inovasi mahasiswa.

Kegiatan Gemastik juga sejalan dengan upaya strategis pemerintah di dalam meningkatkan penguasaan teknologi sebagai prasyarat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Anis menambahkan, berbangga hatilah para peserta Gemastik karena kalian telah ambil bagian di dalam upaya meningkatkan kemampuan bangsa dalam penguasaan TIK. Manfaatkanlah sebesar-besarnya peluang di Gemastik ini untuk mengembangkan potensi diri sebagai agen perubahan melalui pengembangan Iptek di masa kini dan masa yang akan datang.

Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) X/2017.

Pembukaan Gemastik X/2017 dilakukan pada Kamis (2/11) di Balairung Kampus UI oleh Rektor UI Muhammad Anis dan Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Didin Wahidin beserta para perwakilan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia.

Rangkaian kegiatan Gemastik 10 terdiri atas perlombaan di bidang TIK, Seminar, Pameran hasil karya Finalis Gemastik 10 dan sponsor, serta Pentas Budaya dan Kesenian.

Sepuluh kategori lomba bidang TIK yang dikompetisikan pada GEMASTIK X/2017 adalah Pemrograman, Pengembangan aplikasi permainan, Pengembangan perangkat lunak, Data mining, Keamanan jaringan dan sistem informasi, Animasi, Piranti cerdas and embedded system, Desain User Experience (UX), Pengembangan bisnis TIK, E-Government.

Kegiatan Gemastik X/2017 di Balairung UI merupakan pelaksanaan Babak Final untuk kesepuluh kategori tersebut. Para peserta yang berpartisipasi merupakan para finalis yang telah melewati babak penyisihan yang dilakukan sejak bulan Juli 2017.

Sejumlah perguruan tinggi yang berhasil menjadi finalis diantaranya Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Muhammadiyah Malang,Universitas Gajah Mada, Universitas Halu Oleo dan lainnya yang tersebar di 18 propinsi di Indonesia.

Para pemenang Gemastik X/2017 akan memperoleh total hadiah uang tunai untuk pengembangan produk inovatif sebesar Rp105 juta. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017