Bogor (Antara Megapolitan) - Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, Bogor, Jawa Barat membantu menyukseskan program upaya khusus Sapi Indukan Wajib Bunting atau Upsus SIWAB di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi dengan memberikan pendidikan dan pelatihan.

Sebanyak 30 petugas peternakan Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi mengikuti diklat tematik peternakan dan bimbingan teknis peternakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) RPH dan Puskeswan Kabupaten Tebo, Jumat.

"Kabupaten Tebo ingin mendukung program Kementerian Pertanian untuk menyukseskan Upsus SIWAB," kata Amsiridin, Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Selama dua hari (26-27 Oktober 2017) sebanyak 30 petugas peternakan mengikuti diklat dan bimtek di bawah bimbingan tenaga pengajar dari BBPKH Cinagara, Bogor.

                

BBPKH Cinagara melaksanakan kegiatan diklat tematik dan bimtek peternakan melalui kegiatan APBN-P tahun 2017, untuk mendukung Program Upsus SIWAB pada enam provinsi di Sumatera, seperti Lampung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Menurut Amsiridin, Program Upsus SIWAB salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk menargetkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045.

"Upsus SIWAB bertujuan meningkatkan populasi ternak ruminansia besar dalam memenuhi kebutuhan produk ternak dalam negeri dan kegiatan yang terintegrasi untuk percepatan populasi sapi dan kerbau secara berkelanjutan," katanya lagi.

Ia menambahkan bahwa Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Tebo menyelenggarakan diklat dan bimtek peternakan untuk melatih dan meningkatkan kapasitas pengetahuan petugas inseminator, pemeriksa kebuntingan (PKB), asisten teknis reproduksi (ATR), dan paramedik veteriner dalam mencapai swasembada daging di Indonesia.

"Kami harapkan melalui diklat dan bimtek ini kapasitas petugas peternakan jadi meningkat, sehingga upaya untuk menyukseskan Program Upsus SIWAB di Kabupaten Tebo bisa terwujud," kata Amsiridin.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017