Purwakarta (Antara Megapolitan) - Prajurit TNI Kodim 0619 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berhasil membangun jalan antarkecamatan sekaligus membuka akses jalan bagi masyarakat Kecamatan Cibatu dan Kiarapedes.

"Terjadi sinergi antara masyarakat, pemerintah dan TNI dalam Program TMMD. Sekarang pengerjaan (pembangunan jalan antarkecamatan) mencapai 40 persen, sebentar lagi rampung," kata Dandim 0619 Purwakarta Letnan Kolonel (Inf) Arie Maulana di Purwakarta, Kamis.

Dengan adanya pembangunan jalan itu, maka masyarakat Kecamatan Cibatu dan Kecamatan Kiarapedes Purwakarta berbahagia, karena mereka tidak perlu lagi memutar ke Kota Purwakarta untuk mencapai daerah satu sama lain.

Jalur baru yang menghubungkan Desa Margaluyu, Kiarapedes dengan Desa Wanawali, Cibatu Purwakarta ini sudah dalam pengerjaan oleh para tentara Kodim 0619 Purwakarta, bekerja sama dengan masyarakat setempat.

"Total anggaran untuk pembangunan jalan itu ini sebesar Rp11 miliar," katanya.

Dandim mengapresiasi kekompakan masyarakat yang bukan hanya berasal dari dua kecamatan yang dihubungkan jalurnya ikut membangun jalan. Tetapi warga Purwakarta dari seluruh kecamatan bergiliran datang untuk membantu kegiatan pembangunan jalan itu.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mensyukuri suksesnya kegiatan tersebut. TMMD berhasil mengasah semangat gotong-royong warganya dalam melaksanakan pembangunan daerah.

"Ini (terbukanya akses jalan) merupakan karya bakti TNI melalui TMMD, ada Bakti Siliwangi Satata Sariksa. Kita mengalir saja, masyarakat juga memiliki sensitifitas yang kuat, makanya turut membantu kita. Kendala kita selama ini masih di sistem, harus lelang dulu, jadi agak lama secara sistem," kata dia.

Padahal ada nilai persatuan yang dapat terasah dalam kegiatan TMMD, di antaranya melalui gotong-royong.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017