Bogor (Antara Megapolitan) - PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat, menginformasikan adanya gangguan layanan air di zona I sehingga pelanggan diimbau untuk menampung air.

"Gangguan akan berlangsung Kamis (5/10) besok jam 10.00 hingga 16.00 WIB," kata Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana, Rabu.

Ia menjelaskan, gangguan disebabkan adanya perbaikan pipa bocor di wilayah Bojong Koneng, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

"Kami akan melakukan perbaikan pipa AC diameter 18 inci yang bocor di daerah Kampung Babakan, Bojong Koneng," katanya.

Menurut dia, perbaikan tersebut berpotensi menyebabkan gangguan pengaliran di zona layanan I. Pelanggan zona layanan I antaranya Jl Raya Ciawi-Sukabumi, Jl Ciawi, Jl Wangun, Jl Tajur, Jl Rulita, Jl Komplek Kehutanan Tajur.

Berikutnya Jl Muarasari, Jl Ashari Jaya, Perumahan Mutiara Bogor Raya, Griya Katulampa, Kelurahan Bojong Kerta, Jl Warung Nangka, Jl Raya Dekeng, Kelurahan Kertamaya, Perumahan Rivela Park, Kelurahan Rancamaya, Perumahan Montecarlo, Perumahan Royal Tajur, sebagian Lawanggintung, Sindang Sari, Sindang Rasa, Harjasari, Cipaku dan Perumahan Pakuan Hill.

Perbaikan pipa transmisi jalur sumber mata air Tangkil tersebut diprediksi berlangsung selama enam jam, dimulai pukul 10.00 WIB dengan penggalian lubang di titik bocor.

"Penggalian diperkirakan selesai pada pukul 13.00 WIB," katanya.

Pada pukul 13.00 atau jika penggalian selesai, pihaknya akan matikan pasokan air ke pelanggan untuk memudahkan perbaikan pipa.

"Kami perkirakan gangguan terjadi mulai sore hari seiring dengan penurunan level pada Reservoir Rancamaya," katanya.

Syaban mengatakan, PDAM berupaya maksimal mempercepat perbaikan pipa dan penanganan gangguan pada masa pemulihan pengaliran (recovery).

"Proses `recovery` membutuhkan waktu beberapa hari, karena petugas harus membuang udara yang terjebak di dalam pipa," katanya.

Ia menambahkan pasokan ke pelanggan akan normal tergantung pada lokasi tempat tinggal pelanggan. Umumnya, daerah yang lebih rendah akan lebih dahulu mendapatkan pasokan air, sedangkan yang lebih tinggi sedikit akan lebih lama.

PDAM mengimbau pelanggan di sejumlah titik tersebut untuk menampung air.

"Jika membutuhkan air bersih, pelanggan juga dapat menghubungi call center PDAM Kota Bogor pada nomor (0251) 8324111 dan WA 08111182123," kata Syaban.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017