Depok (Antara Megapolitan) - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia menyelenggarakan "The 6th Biennial International Nursing Conference" (BINC) pada 2-4 Oktober 2017.

"Pada Senin (2/10) konferensi internasional akan dilaksanakan di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI Depok dan di Jakarta (3-4 Oktober)," kata Humas Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) Intan Primadini di Depok, Minggu.

Konferensi kali ini mengangkat tema "Strengthening Nurses towards Meaningful Recognition". Dalam kongres ini dibahas enam isu, yaitu "Advanced clinical practice development" dan "Management and leadership in nursing".

Selain itu juga "Cross culture identity in nursing practice", "Contemporary nursing practice leading to recognition", "Education supporting interprofessional collaboration" dan "Global approaches of nursing development".

Intan mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya kongres ini adalah untuk mengeksplorasi berbagai tindakan yang telah dilakukan oleh perawat dan perlu dilanjutkan atau ditingkatkan untuk memperkuat perawat menuju pengakuan yang berarti.

"Konferensi ini akan berisi pre-conference seminar, conference, oral presentation serta poster presentation," jelasnya.

Sebanyak 115 peserta terlibat dalam kegiatan ini dan 111 di antaranya menjadi pembicara di oral presentation.

Seperti Prof Rozzano C Locsin, R.N.; Ph.D., F.A.A.N. (Universitas Tokushima Jepang) dan Yeni Rustina, S.Kp., M.App.Sc., Ph.D. (Wakil Dekan 1 FIK UI) menjadi pembicara uama (keynote speakers).

Akan ada pula pemaparan materi dari beberapa narasumber di antaranya: Leena Hannula, Ph.D. M.N.Sc., R.M., R.N. (Helsinki Metropolia University, Finland), Prof. Sonoe Mashino, R.N. P.H.N., Ph.D. (University of Hyogo, Japan), Ass. Prof. Capt. Dr. Wasinee Wisesrith (Chulalongkorn University, Thailand).

Selain itu Adjunct Professor Annette Solman (Health Education Training Instiute, New South Wales), Dr. Salma Burton (WHO Representative in Indonesia), Prof. Kathy Nelson Ph.D.,R.N. (Victoria University of Wellington, New Zealand) dan Dr. Diantha Soemantri, Ph.D. (FK-UI).

Bersamaan dengan kegiatan BINC, FIK UI juga menyelenggarakan "International Nursing Student Symposium and Festival" (INSympoFest) yang khusus untuk mahasiswa program sarjana.

Sebanyak 105 mahasiswa dari Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Indonesia menjadi peserta kegiatan oral "presentation", "competitions" dan "cultural performance".

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017