Jakarta, (Antara Megapolitan) - Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK), bersama Tetra Pak Indonesia mengenalkan program perluasan Dropbox, yaitu tempat sampah terpilah untuk kemasan karton minuman bekas ke wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

"Program Dropbox ini merupakan upaya pengurangan sampah kemasan sebagai upaya pelibatan produsen untuk mengurangi sampah yang masuk ke tempat pemrosesan akhir dengan memilah dan mendaur ulang," kata Direktur Pengelolaan Sampah KLHK, R. Sudirman di Jakarta, Rabu.

Program Dropbox khusus sampah kemasan minuman ini telah diluncurkan untuk pertama kalinya di Bali pada 19 Februari 2017. Ini merupakan bagian dari Program Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

"Masalah sampah saat ini masih menjadi isu utama untuk lingkungan hidup," katanya.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2016 terdapat 65 juta ton timbulan sampah di Indonesia. Angka ini meningkat satu ton dibandingkan tahun 2015.

Sementara sampah kemasan karton minuman adalah bagian kecil dari total sampah berjumlah sekitar 0.1 persen dari total timbunan sampah tahun 2016 di Indonesia atau sekitar 63,000 ton sampah per tahun.

Sementara itu Environment Manager Tetra Pak Indonesia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk selalu bertanggung jawab dengan mengajak bersama-sama para pelaku industri lain dan para mitra terkait untuk melakukan berbagai program dari sisi edukasi masyarakat maupun sebagai fasilitator guna terbentuknya implementasi pengelolaan dan pengolahan sampah yang berkelanjutan.

"Pada semester pertama tahun 2017 ini kami telah meluncurkan program pembinaan kesadaran sampah terpilah bagi masyarakat luas melalui sinergi dengan pelaku industri terkait melalui program Dropbox," katanya.

Sementara itu, PT Tirta Investama, produsen air minum dalam kemasan merk Danone AQUA juga turut menyatakan dukungannya terhadap Program Dropbox pemerintah.

"Kami meluncurkan dropbox bersama Tetra Pak dan KLHK di Bali yang kemudian ditaruh di jaringan ritel Circle K," kata Sustainable Development Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni.

Annie menjelaskan bahwa dukungan tersebut merupakan wujud nyata kontribusi produsen dalam upaya pengurangan sampah kemasan.

"Kami juga akan menambah jumlah unit dropbox dan meluaskan penempatannya di jaringan ritel, sekolah dan ruang publik," ujarnya. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017