Sukabumi (Antara Megapolitan) - Kegiatan yang dipusatkan di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor ini merupakan puncak kegiatan Sibat PMI Tingkat Nasional ll tahun 2017.

Relawan dari berbagai negara yang merupakan perwakilan perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah belajar kesiapsiagaan dan pengurangan resiko bencana ke Indonesia tepatnya Bogor, Jabar.

"Saya bangga bisa diundang untuk mengikuti kegiatan sukarelawan siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) dan mendapatkan pembelajaran tentang kesiapsiagaan dan pengurangan resiko bencana," kata anggota Palang Merah Singapura (SRC) Khairulnizam Massuan, Selasa.

Selain itu, Fenny Wu yang merupakan delegasi dari Palang Merah Hongkong (HKRC) menambahkan dirinya senang bisa bergabung dan belajar acara Sibat di Indonesia ini. Apalagi bisa bertemu dengan banyak relawan dari berbagai negara sehingga bisa bertukar ilmu tentang penanganan kebencanaan.

"Banyak ilmu yang bisa saya petik dari kegiatan ini, apalagi rekan-rekan dari PMI yangbanyak memberikan keahlian tentang penanganan bencana mulai dari meminimalisasikan korban dan kerugian harta," tambahnya.

Sementara, Ketua Panitia Sibat PMI Tingkat Nasional II/2017 Arifin Muhammad Hadi mengatakan selain relawan Singapura dan Hongkong juga hadir sejumlah relawan dari Palang Merah Timur Leste (CVTL), Palang Merah dan Perwakilan Relawan Bulan Sabit Merah Malaysia.

"Diharapkan dari kegiatan bersama ini mereka bisa mendapatkan manfaat untuk dibawa ke negaranya masing-masing mengenai peran masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan bencana," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017