Sukabumi, 31/10 (ANTARA) - Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengkampanyekan gerakan gemar minum susu untuk anak sekolah dasar di Kabupaten Sukabumi, kampanye ini untuk membiasakan anak-anak meminum susu minimalnya satu minggu sekali.

"Kampanye gemar minum susu untuk anak SD ini tujuannya agar anak-anak di usia tersebut terbiasa minum susu untuk mempercepat pertumbuhan tubuh dan otaknya," kata Sukmawijaya kepada ANTARA, Rabu.

Menurut Sukmawijaya, sebenarnya kampanye ini sudah diprogamkan sejak 2006 lalu, tetapi kegiatan ini sempat terhenti sementara karena sesuatu hal, namun Pemkab Sukabumi saat ini kembali mengkampanyekan gemar minum susu ini untuk anak-anak usia SD.

Lebih lanjut, progam ini akan terus digencarkan dengan cara berkeliling sekolah untuk memberikan susu gratis dahulu kepada anak-anak untuk membiasakan mereka minum susu, selain itu membuat kegiatan gemar minum susu yang diberi nama Gerimis Bagus Mandiri atau artinya gerakan minum susu bagus dan mandiri.

"Dengan membiasakan anak minum susu sejak dini sebagai edukasi manfaat minum susu itu kepada kalangan pelajar SD, karena dengan membiasakan minum susu sejak dini, pertumbuhan tubuh dan otak anak lebih cepat, sebab susu mengandung gizi yang sangat baik," tambahnya.

Kegiatan Gerimis Bagus Mandiri ini juga bertujuan agar anak-anak SD untuk biasa menyisihkan uang jajannya membeli susu segar minimalnya satu minggu sekali, karena dari pantauan pihaknya. Selama ini uang jajan anak SD hanya dibelikan makan ringan yang tidak bergizi seperti cilok, mie dan makan lainnya.

"Melalui kampanye gemar minum susu ini, kami ingin menginspirasi anak-anak khususnya di Kabupaten Sukabumi, agar rutin minum susu karena dengan rajin minum susu, maka anak-anak akan tumbuh sehat dan kuat, serta dapat berprestasi di sekolah," kata Sukmawijaya.

Sementara, Seketaris Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi, Ardiana yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, sampai saat ini masih cukup sedikit SD yang mengkampanyekan gemar minum susu.

Dari data yang diterima oleh pihaknya baru 243 SD dan Madrash Ibtidaiyah (MI) yang mengkampanyekan kampanye gemar minum susu ini dari sekitar 1.600 SD/MI yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.

"Diharapkan dengan kembali digencarkan lagi kampanye gemar minum susu ini seluruh sekolah tingkat dasar bisa membiasakan pelajarnya minum susu," kata Ardiana.

Di sisi lain, dengan gencarnya minum susu dipastikan akan ada peningkatan usaha produk susu lokal asli Kabupaten Sukabumi yang kualitasnya tidak kalah dengan produk ekspor. Selain itu juga bisa mengembahkan usaha-usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pengolahan susu segar.


Aditya



Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012