Bogor, Jawa Barat (Antara Megapolitan-Bogor) - Beginilah suasana kemeriahan dan kegembiraan acara pembagian daging sapi dan kambing Kurban pada perayaan Hari Raya (Idul Adha) 1438 H/2017 M, di halaman Masjid Nurul Falah, Komplek Balitro, Bumi Menteng Asri (BMA), Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, hari Sabtu, 2 September 2017.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Falah H Yaya Sonjaya, dan Ketua Panitia Kurban tahun 1438 H/2017 M  masjid setempat, Budi Sulistriono, melalui salah seorang Anggota Panitianya, H Rosadi Anwar menginformasikan, pada Lebaran Haji tahun 1438 H/2017 M ini, pihaknya (panitia) menerima hewan Kurban dari Pekurban kaum muslimin dan muslimat yang menunaikan Ibadah Kurban sebanyak 15 ekor sapi dan 19 ekor kambing.

"Jumlah itu untuk hewan sapi meningkat dari Lebaran Haji tahun lalu yakni sebanyak 12 ekor, sedangkan untuk hewan kambing relatif hampir sama," katanya.

Rosadi Anwar yang juga sebagai panitia penerima pencatatan hewan kurban dan pembuatan kupon itu menjelaskan, guna menjawa kelancaran dan ketertiban dalam pendistribusian/pembagian daing Kurban tersebut, pihak panitia yang diketuai oleh Bapak Budi telah mencetak dan membagikan sebanyak 1.300 lembar "Kupon Pengambilan Daging Kurban".

.

Waktu pengambilannya juga diatur sedemikian rupa, yaitu pada Hari Sabtu, Tanggal 2 September 2017, Waktunya Pukul 14.00 sd. 16.00 WIB, Bertempat di Halaman Masjid Nurul Falah.

"Pada pelaksanaan Ibadah Kurban pada Lebaran Haji tahun ini, panitia membuat dan mendistribusikan sebanyak 1.300 paket/bungkus daging Kurban, masing-masing berisi daging seberat 1Kg (satu kilogram), yang dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," katanya.

Ketika ditanya untuk warga mana saja paket daging Kurban sebanyak 1.300 paket itu?, Rosadi menjelaskan lebih lanjut bahwa pembagian daging Kurban telah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya dari tiga kelurahan, yakni masing-masing Kelurahan Menteng, Kelurahan Cilendek Timur, dan dari Kelurahan Cilendek Barat.

"Alhamdulillah walaupun cukup melelahkan, namun panitia telah bekerja keras dan maksimal, sehingga acara bisa berjalan dengan aman, lancar, dan suskes serta tepat waktu," kata Rosadi Anwar yang juga salah satu Imam tetap Masjid Nurul Falah itu menambakan.

.

Sebelumnya diberitakan, pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, menyampaikan data jumlah hewan Kurban yang dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah/2017 Masehi mencapai 13.790 ekor.

"Jumlah tersebut terdiri atas, 2.498 ekor sapi dan 11.301 kambing atau domba," kata Ketua Baznas Kota Bogor, Ahmad Chotib Malik saat ditemui usai Shalat Idul Adha di Masjid Raya Bogor (Masjid Al Mi'raj), Jumat (1/9/17).
 
Pendataan dilakukan sejak 23 hingga 31 Agustus 2017, dengan melibatkan enam petugas Baznas dan aparat kecamatan.

"Jumlah ini kemungkinan masih bertambah, karena selama Hari Tasyrik (tiga hari setelah Idul Adha) masih ada yang berkurban, perkiraan penambahan sampai 20 persen," kata Chotib.

Pelaksanaan Shalat Idul Adya (Ied) 1438 H/2017 M di Masjid Nurul Falah sendiri berlangsung lancar dan tertib pada Jumat pagi (01/0917), diikuti ribuan kaum Muslimin dan Muslimat setempat.

Bertindak selaku Imam Ust. Ainun Najib, Al Hafizh, dan penceramah (Khatib) Dr H Suswono (Mantan Menteri Pertanian (Mentan) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-SBY), dengan Thema: "Qurban, Memperkuat Iman dan Solidaritas Sosial". (ANT/BPJ).
 

Pewarta: Pewarta Antara BPJ-Bogor

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017