Banjarmasin (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Banjarmasin akan menggelar sejumlah olahraga tradisonal dalam rangkayan memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV 2017 ini.

"Peringatan Haornas 2017 ini akan kita padukan dengan peringatan Hari Jadi (Harjad) kota kita yang ke-491 di antaranya akan menggelar olahraga tradisional khas daerah," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin A N Djaya di gedung dewan kota, Senin.

Menurut dia, gelar olahraga tradisional atau permaian rakyat ini akan diselenggarakan pada 23 September 2017, setelah peringatan Haornas yang jatuhnya pada 9 September.

"Karena Harjad Kota Banjarmasin kan pada 24 September, jadi peringatan Haornas kita mundur untuk menyelaraskan dengan kemeriahan Harjad," terang A N Djaya.

Dikatakan dia, diantara olahraga tradisional yang akan diselenggarakan itu adalah Balogo, Enggerang, Asinan dan Tarik Tambang.

"Karena olahraga ini masih cukup membumi di daerah kita, bahkan sudah ditetapkan ada empat kampung bermain olahraga tradisional di daerah ini," paparnya.

Dinyatakan dia, pihaknya perlu memberikan perhatian bagi olahraga tradisional yang di bawah pengelolaan Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) kota ini untuk pembinaan dan pelestarian.

"Sebab FORMI membina olahraga tradisional ini dengan swadaya sendiri, maka kita beri ruang dan kegiatan untuk ikut memeriahkan peringatan Haornas dan Harjad," paparnya.

Selain gelar olahraga tradisional ini, ungkap A N Djaya, adapula akan diselenggarakan lomba gerak jalan pada 16 September dan lomba sepeda santai pada 21 September 2017 dalam memperingati Haornas dan Harjad kota ini," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017