Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Direktur Sustainable Development Danone Aqua Karyanto Wibowo memaparkan strategi keberlanjutan perusahaannya dalam acara 2nd Annual B Corps Asia Forum l di Taichung Taiwan pada 31 Agustus-1 September 2017.  

Karyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan dalam event tersebut ia memaparkan strategi dan capaian Danone Aqua terkait dengan inisiatif keberlanjutan yang berfokus kepada perlindungan sumber daya air, pengelolaan kemasan plastik, dan pengurangan emisi karbon.
    
"Danone Aqua berambisi untuk menjadi perusahaan dengan emisi karbon netral pada 2050, mengumpulkan lebih banyak limbah plastik dari yang di hasilkan dan mengembalikan lebih banyak air ke ekosistem dari yang dimanfaatkan pada 2030," katanya.
    
Pemaparan ini disampaikannya di depan 530 peserta yang datang dari lebih dari 15 negara dari Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Latin.
    
Perusahaan tersertifikasi B Corps tumbuh pesat di Taiwan dan mereka membentuk sebuah organisasi bernama Asia Pacific B Corps Association pada 2016.  
    
Sampai saat ini asosiasi ini telah memberikan pendampingan kepada hampir 100 perusahaan untuk bisa menjadi perusahaan tersertifikasi B Corps.  
    
Pendampingan diberikan terkait dengan B Impact Assesment (BIA) yaitu penilaian atas kinerja perusahaan berdasarkan kriteria B Lab, sebuah organisasi yang melakukan proses sertifikasi B Corps.  
    
Sebagian besar dari perusahaan-perusahaan di Taiwan tersebut saat ini sudah tersertifikasi B Corps dan menjadikan Taiwan sebagai pemimpin dari negara-negara Asia yang mendapatkan sertifikasi B Corps.   
    
Danone Aqua bergabung sebagai satu dari ribuan perusahaan di 50 negara yang mengikuti gerakan B Corps yakni perusahaan yang mempromosikan model bisnis bertanggung jawab.  
    
Gerakan B Corps adalah gerakan global untuk korporasi yang ingin menggabungkan kesuksesan finansial sejalan dengan tujuan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan.  
    
Di Indonesia baru ada dua perusahaan yang saat ini bersertifikat B Corps dimana Danone Aqua adalah perusahaan berikutnya yang berencana untuk mendapatkan sertifikasi pada 2017.  
"Kami berharap kedepan Danone Aqua bisa mengajak lebih banyak perusahaan lain untuk bergabung menjadi perusahaan yang tersertifikasi B Corps," menurut Karyanto.  
    
Dengan demikian perusahaan tidak semata-mata berambisi menjadi yang terbaik di dunia tetapi bersama-sama menjadi yang terbaik bagi dunia.
    
Tema yang diangkat dalam forum di Taiwan itu pada tahun ini adalah Convergence for Impact atau Bergabung untuk Dampak Positif.  Forum ini dibuka secara resmi oleh Walikota Taichung – Taiwan Chia-Lung Lin dimana ia menekankan pentingnya perusahaan untuk tidak berpikir keuntungan semata, tetapi mengedepankan kepentingan yang lebih luas agar lingkungan tetap terjaga bagi generasi masa depan.
    
"Kami berharap agar lebih banyak perusahaan di Taichung yang tersertifikasi B Corps," lanjut Chia-Lung Lin sebagaimana yang disampaikan melalui Karyanto. (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017