Bogor, 26/10 (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menyalurkan 107 ekor hewan kurban pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah yang akan disalurkan kepada seluruh masyarakat melalui dewan kemakmuran masjid (DKM) masing-masing kecamatan.

"Hewan kurban ini terdiri dari 100 ekor kambing atau domba dan tujuh ekor sapi," kata Kepala Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bogor Dody Achdiyat, di Bogor, Jumat.

Dody mengatakan, penyaluran hewan kurban ini dilaksanakan oleh  Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bogor selaku panitia Hari Raya Kurban.

Hewan kurban dari Pemerintah Kota Bogor, lanjut Dody disalurkan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang tersebar di enam Kecamatan se Kota Bogor.

"Penyaluran hewan kurban bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Mesjid Indonesia (DKMI) Kota Bogor yang menyalurkannya kepada DKM mesjid yang ada di enam Kecamatan se Kota Bogor," katanya.

Dody menyebutkan, penyaluran hewan qurban diprioritaskan kepada daerah yang
kurang mampu atau daerah yang kurang hewan kurbannya atau daerah sama sekali tidak ada pemotongan hewan qurban.

"Penyaluran hewan qurban kita lakukan selektif, sehingga diharapkan semua DKM
kebagian hewan qurban sehingga bisa dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya," katanya.

Sementara itu Wali Kota Bogor Diani Budiarto mengatakan, daerah pemotongan hewan kurban tidak seluruhnya merata.

Ia menyebutkan, di Kota Bogor memang ada beberapa wilayah yang surplus hewan qurbannya, sebaliknya ada wilayah yang minim, bahkan sama sekali tidak ada
kegiatan pemotongan hewan qurban.

"Saya sering mengajak kepada daerah yang berlebih hewan kurbannya agar mau menyalurkan hewan qurbannya kepada daerah yang minim sehingga ada pemerataan memperoleh daging kurban," kata Wali Kota.

Kurban yang disalurkan oleh Pemerintah Kota Bogor bertujuan agar pelaksanaan kurban di wilayah Bogor merata dan seluruh masyarakat dapat menikmati berkah belebaran kurban.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012