Pekanbaru, (Antara Megapolitan) - Polisi Jepang sebagai Program Manager dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Komisaris Jenderal Ohara Mitshuda mengagumi pos keamanan lingkungan terbaik di Riau yang dikunjunginya.

"Saya merasa bangga poskamling sudah bisa memperlihatkan sistem telah dibangun secara baik ini. Saya berharap rukun tetangga ini bisa menjalankan kehidupan damai dan aman melalui kegiatan di poskamling," kata Ohara Mitshuda, di Pekanbaru, Selasa malam.

Polisi Jepang itu mengunjungi poskamling terbaik di Riau yang berada di RT 05/RW 01, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru yang diberi nama Poskamling Mandiri.

Para anggota poskamling yang dibina Babinkamtibmas Sidomulyo Timur Bripka Ilham Nur menunjukkan kebolehan simulasi proses penangkapan pelaku kejahatan.

Ohara menyatakan bahwa di negaranya Jepang juga ada yang mirip dengan poskamling, tetapi dijalankan oleh pemerintah, bukan masyarakat seperti poskamling tersebut.

Kombes (Purn) Titik yang mendampinginya, menambahkan bahwa Jepang merupakan negara teraman di dunia. Polisi di sana melayani masyarakat secara aktif dengan melakukan kegiatan kunjungan untuk mendekatkan diri dengan warga.

"Supaya masyarakat berani mengungkapkan masalah di lingkungannya. Polisi akan membantu mengungkapkan masalah kejahatan kecil atau masalah sosial," ujarnya pula.

Dia berharap, program bersama yang dijalin dengan JICA yakni in house training training dapat mendorong babinkamtibmas menjadi koordinator pembimbing, negosiator, dan koordinator permasalahan di masyarakat. Semua itu dilakukan secara cepat dan ikhlas serta humanis, katanya lagi.

Menurutnya, kegiatan itu sudah dimulai sejak 2013. Pihaknya setiap tahun berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Menurut dia, progresnya sudah sangat luar biasa.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Pekanbaru AKBP Edy Sumardi yang turut mendampingi, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah implementasi kerja sama Indonesia dengan jepang.

Selama beberapa hari ini digelar kegiatan in house training untuk memberikan edukasi bagi personel babinkamtibmas didoeong menjadi pelatih masyarakat dengan pola JICA.           7          

"Babinkamtibmas dilatih melakukan upaya pemetaan daerah memiliki kerawanan, terutama penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat sehingga tidak semuanya dibawa ke kantor polisi," ujarnya pula.

Pewarta: Bayu Agustari Adha

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017