Sukabumi, 24/10 (ANTARA) - Usaha Kecil Menengah yang dibangun oleh ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Desa Limbangan, Kabupaten Sukabumi membuat dodol dari rumput laut, bahkan saat ini pemesannya sudah ada yang dari luar Sukabumi.

"Pembuatan dodol rumput laut ini tujuannya untuk memberdayakan ibu-ibu di Kampung/Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja agar bisa berinovasi dalam bidang usaha seperti ini," kata anggota Tim Penggerak PKK Desa Limbangan, Nurhasanah kepada wartawan, Rabu.

Menurut Nurhasanah, ternyata inovasi baru membuat dodol dari rumput laut, sampai saat ini pemesannya sudah banyak yang berasal dari luar Sukabumi seperti Jakarta, Bandung dan kota-kota lainnya di indonesia. Kedepannya, pihaknya akan terus mengembangkan usaha dodol ini.

Lebih lanjut, pembuatan dodol ini cukup mudah yakni pertama rumput laut yang segar dibersihkan dahulu dan dikeringkan, kemudian diblender dan disatukan dengan resep-resep lainnya.

Pembuatan dodol ini sama seperti membuat dodol pada umumnya hanya bahan bakunya saja yang berbeda.

"Harganya pun cukup murah, kami tawarkan dengan harga Rp10 ribu setiap bungkusnya, bahkan sudah banyak toko yang memesan dodol ini untuk dijual ke luar Sukabumi," tambahnya.

Dikatakannya, tujuan dari pembuatan dodol rumput laut ini awalnya untuk menggerakan ibu-ibu di sini agar bisa berusaha sendiri tanpa bergantung sepenuhnya kepada suaminya.

Selain itu, UKM yang dikembangkan oleh ibu-ibu ini juga membantu kesejahteraan warga di sekitar.

Pada kesempatan itu, salah seorang pembeli dodol rumput laut asal Cianjur, Rusmaria mengatakan, dirinya sengaja datang dari Cianjur untuk membeli dodol ini. Selain untuk dinikmati sendiri, dodol ini juga dijual kembali ke toko-toko yang ada di Cianjur.

"Dodol ini memiliki kelebihan lain, selain tidak mengandung zat kimia juga kandungan gizinya cukup baik karena terbuat dari rumput laut segar," kata Rusmaria.


Aditya

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012