Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Festival Pacu Jalur yakni lomba adu kekuatan dalam mendayung perahu yang digelar di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kepulauan Riau diharapkan mampu mempromosikan pariwisata wilayah setempat.
    
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyambut baik digelarnya Festival Pacu Jalur sebagai upaya mempromosikan wisata Riau dan sekitarnya.
    
"Pacu jalur ini fenomenal, tidak ada di dunia selain di Kuansing. Kami akan kemas lomba ini menjadi lebih besar dan mengglobal sesuai dengan temanya 'Riau Menyapa Dunia'," ujar Menpar Arief Yahya.
    
Tercatat tahun ini lebih dari 12 ribu pedayung yang tergabung dalam 193 jalur akan beradu kekuatan dalam mendayung perahu untuk menjadi yang tercepat dari babak penyisihan yang dimulai pada 23 Agustus hingga 26 Agustus 2017.
    
Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Festival Pacu Jalur selain untuk mempromosikan pariwisata sekaligus mengangkat potensi dan kearifan lokal masyarakat Riau.
    
"Hal itu kami harapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal, nasional maupun mancanegara," kata Arsyadjuliandi Rachman.

Festival Pacu Jalur memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pariwisata RI dengan total hadiah sebesar Rp65 juta.

Hadiah itu belum termasuk dari sponsor yang biasanya menyediakan ternak untuk para pemenang.
    
Dan, tahun ini Piala Menteri Pariwisata RI tersebut tak hanya diperebutkan oleh Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu), tapi juga kabupaten lainnya di Riau. (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017