Bogor (Antara Megapolitan) - Organisasi "Forest Stewardship Council" (FSC) menyatakan bahwa sekolah berperan sangat strategis menumbuhkan kesadaran pentingnya hutan dan lingkungan dalam kehidupan manusia.

"Untuk itu kami mengadakan rangkaian `roadshow` ke sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar (SD) di wilayah Jabodetabek," kata "Business Development" FSC Indonesia Indra Setia Dewi di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Dalam masa tumbuh kembangnya anak di sekolah, katanya, mereka memperoleh berbagai macam pengetahuan yang terbaik sehingga kelak dapat bermanfaat.

"Termasuk pendidikan dan pengetahuan mengenai kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan dalam kehidupan manusia itu," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan rangkaian putaran ketiga roadshow "FSC Goes To School" diselenggarakan di Sekolah Alam Ciomas, Bogor, Jabar.

Kegiatan itu dihadiri langsung Ketua Yayasan Sekolah Alam Ciomas Bogor Ir Jonih Rahmat.

Acara yang dikuti oleh 100 anak tingkat TK hingga SD ini diisi dengan berbagai macam kegiatan, di antaranya perlombaan anak-anak, seminar untuk orang tua, bercerita (story telling), senam outbound dan kegiatan kreatif lainnya, yang digagas bersama oleh FSC, Tetra Pak dan para guru di sekolah dengan tema alam dan lingkungan.

Kegiatan juga diwarnai penyerahan "dropbox" tempat sampah ramah lingkungan oleh Environment Manager Tetra Pak Indonesia Reza Andreanto kepada Kepala Pendidikan Sekolah Alam Ciomas Bogor Ajat dan Kepala Sekolah Alam Ciomas Bogor Rahmah.

Menurut Indra Setia Dewi pihaknya juga menggagas program "Peduli Hutan Berawal Dari Rumah" merupakan program pertama yang diselenggarakan oleh FSC Indonesia.

Program ini dikampanyekan oleh FSC Indonesia bersama Tetra Pak Indonesia serta mitra lainnya, yang memandang perlu adanya program gerakan konsumsi yang bertanggung jawab agar konsumen menyadari pentingnya memilih produk yang aman dikonsumsi bagi lingkungan.

Program ini bertujuan mendidik konsumen mengenai pentingnya turut menjaga keberlanjutan hutan, pola konsumsi yang aman bagi keberlanjutan hutan, produk-produk yang aman bagi lingkungan.

Selain itu, juga menjelaskan peran para produsen yang telah bersertifikat FSC dalam mengekstraksi dan memanfaatkan sumber daya hutan secara bertangggung jawab dan ramah lingkungan.

FSC merupakan organisasi global nirlaba yang mendorong pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dan baik.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017