Jakarta, (Antara Megapolitan) - Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jakarta Barat menggelar Pelatihan JULEHA (Juru Sembelih Hewan Halal), di Masjid Raya KH Hasyim Asyari Daan Mogot.

Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat Alfanny di Jakarta, Minggu mengatakan Pelatihan JULEHA adalah bentuk kepedulian Ansor terhadap salah satu hari besar Islam yaitu Idul Adha.

"Sebagai Banom NU, Ansor ingin mensosialisasikan tata cara Penyembelihan Qurban yang sesuai syariat Islam dan higienis secara medis," kata Alfanny saat membuka Pelatihan JULEHA. 

Instruktur Pelatihan JULEHA antara lain Drh. Elliata dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Jakarta Barat, Kyai Yusuf Ismail dari Rijalul Ansor Jakbar dan Lukman Hakim dari Aqiqah Bilikkambing/Aspaqin. 

Pada pelatihan tersebut selain mendapatkan materi teori penyembelihan Qurban di kelas, peserta juga diajak untuk melakukan praktek langsung penyembelihan hewan Qurban. 

Ketua Panitia Pelatihan JULEHA Nahraji Zen mengatakan bahwa panitia menyediakan 2 ekor kambing untuk simulasi praktek Penyembelihan hewan Qurban di Pelatihan JULEHA.

"Alhamdulillah, panitia mendapat dukungan dari Aqiqah Bilikkambing yang dipimpin sahabat Reza Noval sehingga bisa menyembelih 2 ekor domba pada Pelatihan ini, agar peserta dapat melihat langsung bagaimana menyembelih Qurban yang benar sesuai syariat Islam," kata Zen yang juga mantan Ketua IPNU Jakarta Barat.

Selain mengadakan Pelatihan JULEHA, Ansor Jakarta Barat bekerjasama dengan Aqiqah Bilikkambing juga membuka kandang hewan Qurban di dekat Masjid Raya KH Hasyim Asyari Daan Mogot yang menyediakan hewan Qurban yang sudah layak Qurban dengan harga grosir.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017