Depok, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan kemerdekaan yang diraih oleh para pejuang merupakan langkah awal untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

"Kemerdekaan merupakan rahmat dan anugerah yang tak ternilai oleh Allah SWT, yang telah diperjuangkan oleh pejuang bangsa kita dengan linangan air mata, cucuran keringat dan darah hingga pengorbanan jiwa dan raga secara tulus dan iklhas," ujar Wali Kota usai memimpin upacara HUT ke-72 Republik Indonesia di Balaikota, Kamis.

Ia mengatakan kemerdekaan yang merupakan titik awal dari bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara serta keinginan untuk mewujudkan suatu harapan dapat dicapai melalui aktualisasi tindakan yaitu dengan cara bekerja, bekerja dalam kesadaran akan kekuatan dari persatuan Indonesia dan melalui kerja sebuah bangsa akan mengalami kemakmuran dan kejayaan.

"Termasuk juga gotong royong yang merupakan perwujudan akar dari kebudayaan Indonesia serta harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku, dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur," katanya.

Dikatakannya pendekatan tersebut menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan. Melalui semboyan ini masyarakat diingatkan untuk kembali bersama bersatu dalam perbedaan dan melakukan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat yaitu bangsa Indonesia.

Menurutnya, bekerja bersama bukanlah selogan semata melainkan sebuah pergerakan, pergerakan yang dapat menjebol mentalitas bangsa yang berada dalam keterjagaan, ketindasan, ketidak adilan, ketidakmerdekaan serta membangun mentalitas baru sebagai bangsa yang merdeka 100 persen.

"Gerakan Nasional bekerja bersama menjadi gerakan nyata yang mampu membangkitkan semangat rakyat dalam mewujudkan impian Indonesia merdeka. Gerakan kerja bersama juga berupaya mendorong partisipasi seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat turun tangan bersama-sama mewujudkan impian," tambahnya. 

Pewarta: Cita Baskara Kurniawan & Nadia Rizky Destiana

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017