Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar ajang penghargaan 'Diskom Fest 2024' yang akan diumumkan pada 14 November mendatang.
 
"Hari ini menjadi kick off rangkaian ajang penghargaan Diskom Fest 2024," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Rhamdan Nurul Ikhsan di Cikarang, Senin.
 
Rhamdan mengatakan ajang ini merupakan kelanjutan dari IKP Fest 2023 berupa pemberian apresiasi dan penghargaan bagi perangkat daerah hingga kelurahan dan desa yang aktif dalam pengelolaan media sosial dan SP4N LAPOR!.
 
Penghargaan yang diberikan tahun ini tidak hanya berkaitan dengan informasi dan komunikasi publik atau kehumasan melainkan juga bidang teknologi informasi dan komunikasi, statistik dan persandian kategori keamanan informasi digital.
 
Penghargaan ini akan diberikan kepada perangkat daerah, UPTD, kelurahan, desa hingga BUMD yang mengelola media sosial maupun SP4N LAPOR! secara baik.
 
"Diskom Fest 2024, sesuai arahan pimpinan, akan memberikan secara luas tidak hanya untuk bidang IKP atau kehumasan. Tetapi bidang yang ada di Diskominfosantik punya tugas pokok dan fungsi masing-masing," katanya.
 
Dia mencontohkan pada bidang statistik ada penghargaan bidang statistik sektoral. Kemudian bidang persandian ada pengelolaan keamanan informasi dan bidang TIK akan ada kategori khusus yakni penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
 
"Itu mungkin bedanya dari IKP Fest, jadi lebih luas. Untuk kategori sendiri selain kehumasan atau medsos atau SP4N LAPOR! juga kita berikan penghargaan kepada para admin perangkat daerah, ada yang teresponsif, terkolaboratif dan admin terkreatif, ditambah satu lagi ada lomba reels untuk perangkat daerah dan instansi," ucapnya.
 
"Lomba reels ini akan memiliki tema seputar pembangunan dan capaian Pemerintah Kabupaten Bekasi," imbuh dia.
 
Tim Diskominfosantik Kabupaten Bekasi telah melakukan penilaian dan monitoring awal sejak Januari sampai 30 Oktober 2024 mendatang.
 
"Jadi masih ada waktu tersisa ini bagi perangkat daerah untuk bisa terus meningkatkan lagi performa media sosial dan SP4N LAPOR! apabila ada yang belum ditindaklanjuti mungkin bisa segera ditindaklanjuti, mudah-mudahan bisa meningkatkan hasil yang terbaik yang akan kita berikan penghargaan," ucapnya.
 
Ia menekankan Diskom Fest 2024 ini sebagai upaya membangun citra positif kepada masyarakat melalui penyebaran informasi publik berkaitan dengan kebijakan, pembangunan maupun kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi.
 
Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi perangkat daerah sampai kelurahan dan desa khususnya pengelola kehumasan agar dapat meningkatkan penyebarluasan informasi.
 
"Supaya masyarakat semakin tahu apa yang dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, apa yang dilakukan atau apa yang akan dilakukan. Jadi tidak hanya di kami saja," kata dia..

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024