Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melakukan perekrutan relawan siaga berbasis masyarakat (Sibat) di Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat yang merupakan daerah perlintasan Sesar Cimandiri.

"Perekrutan relawan ini sebagai salah satu upaya mitigasi atau pencegahan terhadap bencana, khususnya potensi gempa bumi di lokasi yang berada dalam bentangan atau perlintasan Sesar Cimandiri," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Suranto, Kelurahan Cikundul yang berada di Kecamatan Lembursitu merupakan salah satu lokasi yang tepat berada di perlintasan Sesar Cimandiri, yang ditandai dengan kondisi tanah yang subur, namun rawan longsor dan yang paling menonjol keberadaan sumber air panas bumi.

Baca juga: PMI bersama IFRC kenalkan model BNT kepada relawan Sibat se-Indonesia

Sehingga, selain rawan longsor, daerah ini rawan menjadi pusat gempa bumi akibat aktivitas Sesar Cimandiri. Maka dari itu, perekrutan relawan Sibat ini penting dilaksanakan. Adapun calon relawan berasal dari berbagai unsur masyarakat, seperti tokoh masyarakat, pemuda, perempuan maupun tokoh agama dan pekerja bangunan.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program lanjutan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di wilayah perkotaan yang merupakan proyek percontohan dari PMI Pusat yang bekerja sama dengan Palang Merah Amerika atau Amcross dan United States Agency for International Development (USAID).

Program yang dinamakan Indonesia Earthquake Readiness fase ke-II ini berjalan sekitar dua tahun ke depan. Untuk lokasi yang menjadi fokus dalam melaksanakan program ini adalah kelurahan yang berada di perlintasan Sesar Cimandiri, seperti Kelurahan Cikundul dan Baros.

Baca juga: Amcross-JRCS kenalkan materi EVCA kepada relawan Sibat PMI se-Indonesia

"Dengan dibentuknya relawan di masyarakat, diharapkan bisa berperan aktif dan sebagai motor dalam upaya pengurangan risiko dan kesiapsiagaan bencana, khususnya gempa bumi dan dibekali orientasi tentang kepalangmerahan dan pembekalan terkait materi Sibat sesuai standar kurikulum pembelajaran dan panduan dari PMI Pusat, " tambahnya.

Sementara itu, Lurah Cikundul Agus Heryanto menyambut baik dengan terpilihnya Kelurahan Cikundul sebagai lokasi untuk menjalankan program kesiapsiagaan gempa bumi ini.

Ia berharap masyarakat yang direkrut menjadi relawan Sibat bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tentunya menjadi aset sosial dan garda terdepan dalam upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai bencana, khususnya gempa bumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024