Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pasar semimoderen berperan memperkuat perekonomian para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat, maka dari itu keberadaan pasar semimoderen di Kabupaten Sukabumi tentunya memiliki peran penting dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM," katanya di Sukabumi, Senin.

Menurut Marwan, Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah pasar semimoderen baik berada di wilayah utara maupun selatan. Setiap hari dari pagi hingga siang pasar tersebut selalu dipenuhi masyarakat untuk berbelanja.

Baca juga: Bupati Sukabumi ingin produk UMKM dipermudah tembus pasar ASEAN

Namun, saat siang hingga malam pasar mulai sepi, sehingga untuk tetap menghidupkan suasana pasar, pelaku UMKM berperan untuk menghidupkan suasana dengan kreasi dan inovasi untuk menarik minat konsumen datang seperti menggelar pesta kuliner maupun produk UMKM lainnya.

Sehingga dari pagi hingga malam suasana pasar tetap ramai, sehingga fungsi pasar bisa dimaksimalkan untuk pertumbuhan ekonomi daerah khususnya masyarakat. Seperti Pasar Semimodern Terminal Cibadak yang beberapa hari lalu diresmikan dan saat ini sudah beroperasi memiliki terobosan untuk UMKM berjualan, sehingga pasar ini tetap ramai.

"Kami yakin jika seluruh pasar semimoderen menerapkan konsep seperti pertumbuhan ekonomi berkembang pesat dan perputaran uang akan sangat tinggi serta berdampak positif terhadap pendapatan pelaku UMKM," tambahnya.

Baca juga: Kegiatan pasar kaget Ahad di Sukabumi diberhentikan sementara

Marwan mengatakan keberadaan pasar harus bisa menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, di tengah gempuran pasar daring, pengelola pasar semimoderen tentunya harus memiliki inovasi untuk mendatangkan konsumen.

Untuk itu, berkaitan dengan UMKM, untuk memaksimalkan penggunaan pasar, mengingat aktivitas para pedagang hanya sampai siang, tentunya waktu siang hingga malam diisi oleh kegiatan yang menari minat pengunjung. Tentunya, kolaborasi antara pengelola pasar semimoderen dan pelaku UMKM harus dilakukan untuk menciptakan inovasi baru.

Meskipun saat ini sudah zaman serba daring, tetapi masyarakat Kabupaten Sukabumi masih mengandalkan pasar untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari dan ia pun mengingatkan agar kebersihan dan keamanan pasar selalu terjaga agar pengunjung merasa nyaman dan tidak risih.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024