Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro mengatakan akademisi memegang peranan penting dalam kajian-kajian strategis untuk mendukung sektor transportasi.

Hal tersebut dikatakannya dalam sambutan pada acara seminar bertajuk "Sistem Transportasi Darat Indonesia Terintegrasi, Cerdas, dan Berkelanjutan" yang diselenggarakan oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI), di Kampus UI Depok, Kamis.

Ia mengatakan transportasi darat bukan hanya sekedar menghubungkan wilayah, namun sebagai pondasi dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya UI sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di negeri ini, berkewajiban berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Baca juga: UI dan Indiana University siap wujudkan kolaborasi pendidikan
Baca juga: Menanti kinerja Prof. Heri Hermansyah sebagai rektor UI

“Dalam bidang ini kami berusaha memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi Kemenhub, memastikan bahwa pembangunan transportasi berlandaskan pada kesejahteraan masyarakat, kelestarian lingkungan dan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global," ujar Ari.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi adanya evaluasi dan masukan dari para akademisi.

Dengan evaluasi dan masukan ini, Menhub berharap akan mendorong kemajuan sektor transportasi.

Baca juga: Heri Hermansyah terpilih sebagai Rektor UI periode 2024 - 2029

Menhub memberikan apresiasi kepada para akademisi yang bersedia memberikan masukan dan pembelajaran bagi kami.

"Insya Allah ini akan menghasilkan sesuatu yang baik dan mendorong kita membuat inisiatif strategis di sektor transportasi melalui kebijakan, insentif, dan infrastruktur," ujarnya.

Menhub mengatakan kerjasama pentahelix yang melibatkan berbagai unsur, meliputi akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah, dan media harus terus didorong untuk menciptakan sektor transportasi yang lebih andal, khususnya di sektor transportasi darat.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024